Pemerintahan Jokowi Bekerja Keras Turunkan Angka Kemiskinan Jadi 9 Persen - Mading Indonesia

Post Top Ad

Pemerintahan Jokowi Bekerja Keras Turunkan Angka Kemiskinan Jadi 9 Persen

Pemerintahan Jokowi Bekerja Keras Turunkan Angka Kemiskinan Jadi 9 Persen

Share This

JAKARTA – Pemerintah berupaya keras menurunkan angka kemiskinan menjadi 9 persen. Menurut Menteri Sosial Idrus Marham, angka 9 persen merupakan angka yang ditargetkan hingga akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo.

“Akhir periode pertama jabatan Pak Jokowi kami targetkan angka kemiskinan turun menjadi 9 persen,” kata Idrus di Yogyakarta Selasa (29/5).
Idrus menjelaskan, angka kemiskinan tahun 2017 yang menurut Badan Pusat Statistik tercatat 10,12 persen bisa diturunkan satu persen lebih hingga akhir periode Jokowi 2019.
Cara yang ditempuh pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan adalah dengan mengoptimalkan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH). Tahun 2018 ini, jumlah keluarga penerima manfaat PKH ditarget menjadi 10 juta keluarga atau setara sekitar 40 juta jiwa. Jika pelaksanaan program PKH ini optimal, maka seharusnya angka kemiskinan bisa ditekan. Apalagi jumlah penerima manfaat tahun ini sudah di atas jumlah penduduk miskin yang jumlahnya 26 juta jiwa.
Pada 2017 silam jumlah penerima manfaat PKH masih diangka enam juta keluarga. Mengacu data BPS, Idrus menuturkan angka kemiskinan yang pada 2016 masih di atas 27 juta jiwa berkurang menjadi 26 juta lebih penduduk pada 2017.
“Tahun ini target penyaluran program rastra (beras sejahtera) menyasar 15.500 keluarga (miskin), setara 65 juta jiwa, kami optimistis bisa kurangi angka kemiskinan ini,” ujarnya.
Dengan kondisi program pengentasan kemiskinan yang sudah dan sedang dijalankan itu, maka saat ini yang tengah dioptimalkan Kementerian Sosial bukan lagi jumlah penerima program melainkan indeks penerima program.
Sumber : http://stopfitnah.com/pemerintahan-jokowi-bekerja-keras-turunkan-angka-kemiskinan-jadi-9-persen/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages