4 Alasan Mengharukan TGB Istiqomah Dukung Jokowi Walau Diserang Teman Politik Sendiri - Mading Indonesia

Post Top Ad

4 Alasan Mengharukan TGB Istiqomah Dukung Jokowi Walau Diserang Teman Politik Sendiri

4 Alasan Mengharukan TGB Istiqomah Dukung Jokowi Walau Diserang Teman Politik Sendiri

Share This
Konsistensi Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi untuk terus mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kepemimpinannya dua periode patut diacungi jempol, meski dirinya bakal mendapatkan sanksi berat dari Partai Demokrat sebagai kader.

“Saya tetap pada komitmen saya dan posisi saya, bahwa inilah sikap politik saya,” katanya seperti dikutip dari okezone  Rabu (18/7/2018).

Demi mempertahankan sikapnya, TGB mengaku rela hijrah dari partainya yang memiliki sikap politik yang berbeda.

“Dan terlepas dari sikap partai, bagaimanapun sikap partai, saya tetap konsisten sikap politik saya,” tutupnya.

TGB sendiri ternyata telah menyatakan dukungannya sejak tahun 2016. TGB mengaku sudah menyampaikan dukungan itu secara langsung saat Jokowi berkunjung ke NTB.

“Komitmen personal saya sudah sejak 2016. Saya nyatakan itu kalau tidak salah pada kunjungan kerja beliau (Jokowi) yang ketiga ke NTB,” kata TGB saat berkunjung ke kantor Tempo, Palmerah, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018

Pernyataan dukungan itu menuai kritik dari sejumlah pihak. Sebelumnya, TGB mendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di pilpres 2014. Di sisi lain, partai tempat TGB bernaung, yakni Demokrat, hingga kini belum menentukan pilihan politiknya di pilpres 2019.

TGB mengatakan, dukungannya kepada Jokowi bersifat personal. Dia mengaku mendukung setelah melihat kinerja Jokowi selama dua tahun menjabat presiden. Politikus Partai Demokrat ini menilai Jokowi konsisten dan berkomitmen mengeksekusi rencana pembangunan. “Saya melihat beliau konsisten dan tekun melaksanakan pembangunan, termasuk di NTB,” kata TGB.

TGB menambahkan, dukungan kepada Jokowi baru disampaikan kepada publik bukan tanpa alasan. Dia mengatakan pernyataan dukungan tersebut bukanlah sebuah peristiwa yang berdiri sendiri.

Menurut TGB, dukungan kepada Jokowi dia ungkapkan bersamaan dengan pernyataannya meminta agar ayat-ayat perang tidak digunakan dalam kontestasi politik. “Menurut saya momentumnya penting. Dukungan itu saya sampaikan bersamaan dengan saya meminta supaya kontestasi politik jangan memakai ayat-ayat perang,” kata dia.

Beberapa alasan TGB mendukung Jokowi dapat dirangkum sebagai berikut :

    Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mengungkapkan alasan mengapa dirinya mantap mendukung Jokowi pada Pilpres 2019. Dia menilai Jokowi merupakan tipe pekerja keras sehingga layak maju kembali sebagai capres di Pilpres mendatang.

“Suatu transformasi enggak cukup hanya lima tahun, ketika periodisasi maksimal 10 tahun. Saya rasa sangat fair kita beri kesempatan Beliau untuk kembali melanjutkan,” ucap TGB, saat berkunjung ke redaksi Liputan6 di SCTV Tower

    Alasan lain TGB Zainul Majdi mendukung Jokowi, supaya menuntaskan pembangunan infrastruktur yang tengah dikerjakan. Menurutnya waktu lima tahun tidak cukup untuk pembangunan dari Sabang sampai Marakue.

“Nah, sekarang pekerjaan sedang luar biasa, dan cukup pantas untuk memberikan kesempatan pada beliau dalam menuntaskan seluruh yang dikerjakan dari Sabang sampai Marauke. Tentunya dalam dua periode,” kata Gubernur NTB ini, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (8/7).

    Dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi terhadap Presiden Jokowi di Pilpres 2019 menuai pro dan kontra. Terlebih, selama ini nama TGB masuk bursa sebagai salah satu calon presiden atau wakil presiden versi alumni 212.

TGB mengatakan, dukungan kepada Jokowi murni sebagai keputusan pribadi dan tanggung jawab demi menjaga keutuhan berbangsa bernegara. “Saya telah mengamati situasi perpolitikan nasional selama empat tahun belakang ini. Dalam pandangan saya, gesekan dan polarisasi umat dengan menggunakan sentimen agama semakin mengkhawatirkan,” katanya, Jumat (6/7).

    Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, mengaku siap menerima semua risiko atas keputusannya yang secara terang-terangan mendukung Jokowi di Pilpres 2019. TGB mempunyai alasan kuat kenapa menjatuhkan dukungan kepada mantan Wali Kota Solo itu.

Salah satu alasannya ialah Jokowi cukup memperhatikan pembangunan di wilayah Indonesia bagian Timur, khususnya di NTB. “Delapan kali Beliau ke NTB. Ini artinya Beliau melihat di NTB ada gerak pembangunan kerja nyata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Saya melihat Beliau mau mengapresiasi orang-orang yang bekerja,” ujar TGB Jakarta, Selasa (3/7/2018)




Sumber

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages