999 Mantan Napi Teroris Berhasil Dibina Pemerintah Melalui Program Deradikalisasi - Mading Indonesia

Post Top Ad

999 Mantan Napi Teroris Berhasil Dibina Pemerintah Melalui Program Deradikalisasi

999 Mantan Napi Teroris Berhasil Dibina Pemerintah Melalui Program Deradikalisasi

Share This


Jakarta – Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berhasil melaksanakan program deradikalisasi terhadap mantan teroris di Indonesia.
Jokowi-JK melalui BNPT selama tiga tahun kepemiminan, telah berhasil melakukan program deradikalisasi dengan membina sebanyak 999 mantan teroris yang terdiri dari 266 orang di dalam Lapas dan 733 orang di luar Lapas.

BNPT melakukan soft approach dengan cara yang lebih manusia dan cerdas yakni mendidik dan membina kembali para teroris.

Menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, pemerintah tidak hanya membina mantan teroris, tetapi juga merangkul mereka untuk ikut terlibat sebagai Pembina program Deradikalisasi dan proaktif melawan penyebaran paham radikal di lingkungan masyarakat.
“Terdapat partisipasi aktif 50 eks teroris dalam program pencegahan dan deradikalisasi, di mana mereka menjadi pembina sesama mantan teroris,” ujar Wiranto.

Terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan lintas negara yang menjadi ancaman bagi seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Berbeda dengan negara lain yang menggunakan pendekatan hard approach dalam menanggulangi terorisme, Indonesia efektif dengan sebuah pendekatan lain, yakni pendekatan soft approach berupa deradikalisasi.

Pendekatan halus ini ternyata banyak diapresiasi dan hendak dicontoh negara lain.
Lima program deradikalisasi yang dilakukan Pemerintah yaitu pembinaan wawasan kebangsaan, pembinaan wawasan keagamaan, pembinaan life skill, pengawasan dan pendampingan mantan teroris dan pembinaan kewirausahaan. (RN/MCF)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages