Diplomasi Jokowi dengan Presiden Italia Hasilkan Kontrak US$1,055 Miliar - Mading Indonesia

Post Top Ad

Diplomasi Jokowi dengan Presiden Italia Hasilkan Kontrak US$1,055 Miliar

Diplomasi Jokowi dengan Presiden Italia Hasilkan Kontrak US$1,055 Miliar

Share This
Ilustrasi, Presiden Indonesia Jokowi Dodo

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Italia Sergio Mattarella. Ini merupakan kunjungan Presiden Italia pertama kalinya sejak 66 tahun terakhir. Dalam kunjungan tersebut, Mattarella membawa delegasi bisnis sebanyak 30 orang dari Italia.
“Kunjungan ini menghasilkan total kontrak senilai kurang lebih US$ 1,055 miliar. Kontrak itu terdiri atas kerja sama baru, terutama di bidang logistik, energi dan infrastruktur, serta ekspansi di bidang otomotif,” kata Jokowi.‎
Jokowi menuturkan pihaknya membahas empat isu utama, yaitu peningkatan kerja sama di bidang industri kulit, fashion, dan furniture. Kemudian peningkatan kerja sama di bidang pariwisata. Ketiga, peningkatan kerja sama di bidang energi, termasuk penggunaan Crude Palm Oil (CPO) sebagai salah satu sumber energi terbarukan. Keempat, peningkatan kerja sama di bidang interfaith dialog.
Jokowi menjelaskan hubungan Indonesia dan Italia dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Ia menuturkan, perdagangan pada 2014 mencapai sebesar US$ 4,01 miliar. Dan investasi Italia ke Indonesia mencapai US$ 63,02 juta serta wisatawan Italia ke Indonesia mencapai 68 ribu orang.
Selain isu bilateral, kedua kepala negara juga membahas isu penting yang sedang dihadapi Eropa saat ini, yaitu isu migrasi. “Saya gembira dalam pertemuan ini kita telah menandatangani dua dokumen kerja sama di bidang bebas visa untuk pemegang paspor diplomatis dan paspor dinas serta kerja sama di bidang pariwisata,” ujar Jokowi.‎
Sementara itu, Presiden Mattarella menyampaikan penghargaannya kepada Indonesia atas perannya di dalam kawasan Asia Tenggara dan juga komunitas internasional.
“Indonesia turut berperan penting dalam menjaga stabilitas keamanan dan di kawasan,” ujar Mattarella.
Mattarella juga memuji kehidupan harmonis yang ada di Indonesia sebagai contoh dari kehidupan yang sangat harmonis, yaitu hubungan antar umat beragama yang beraneka ragam. “Sesuai dengan moto nasional atau semboyan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika merupakan contoh yang sangat baik, yang diberikan oleh Indonesia kepada dunia,” ucap Mattarella.
Mattarella mengundang Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Roma, Italia. “Semoga dengan kunjugan selanjutnya Bapak Presiden Joko Widodo ke Roma, kita akan semakin meningkatkan kerja sama kita,” tuturnya.


Sumber :
http://stopfitnah.com/diplomasi-jokowi-dengan-presiden-italia-hasilkan-kontrak-us1055-miliar/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages