Mataram-NTB - Pernyataan terbuka Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) yang mendukung Jokowi untuk lanjut satu periode lagi sebagai Presiden RI disambut baik oleh semua relawan Jokowi di NTB yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Relawan Jokowi NTB yang terdiri dari Projo, Seknas Jokowi, GK Jokowi, Kawan Jokowi dan Duta Jokowi NTB.

"Kami mengapresiasi pernyataan itu dan kami rasa Jokowi-TGB pada kontestasi pemilihan Presiden 2019 memiliki kans kuat menang," kata Ketua DPD Projo NTB Imam Sofian di Mataram, Minggu.

Imam mengatakan paket Jokowi-TGB sangat ideal karena mewakili pemikiran nasionalis dan religius yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

"Ada empat alasan mendasar mengapa duet Jokowi-TGB layak tampil menjadi pemimpin nasional kedepan," ujarnya.

Alasan pertama kata Imam, keduanya sama-sama pro rakyat, berlatar belakang kepala daerah yang sukses membangun daerahnya masing-masing,

Kedua tegas Imam, duet Jokowi TGB adalah sintesa dua paradigma dasar yaitu nasionalis-religius. Argumen ketiga katanya, keduanya memiliki pandangan wasathiyah (moderat).

"Satu pandangan proporsional dalam merawat keberagaman dan kbhinekaan Indonesia ditengah ancaman menguatnya polarisasi blok politik di Indonesia," ucap Imam.

Alasan keempat menurut Imam, yakni keduanya adalah tokoh yang berintegritas kuat, kami yakin dan semakin meneguhkan sikap untuk mendukung keduanya berpasangan dalam Pilpres 2019.

"TGB sangat layak mendampingi Pak Jokowi. Mereka sama-sama pro rakyat. Punya kapasitas di bidangnya masing-masing. Indonesia akan sangat maju jika keduanya bersatu, kita butuh pemimpin yang visioner dan memiliki gagasan besar untuk Indonesia, dan pasangan Jokowi TGB adalah jawabannya," jelasnya.

Mengenai salah satu alasan TGB mendukung Jokowi karena melihat kemajuan di NTB terutama dalam bidang infrastruktur, Imam menambahkan, hal inilah yang membuatnya kagum terhadap dua pemimpin ini yang selalu mengutamakan kepentingan rakyat ketimbang kepentingan politik semata, keduanya sama-sama pekerja, tidak hanya berwacana.

"Kita bisa lihat dari alasan TGB mendukung (Jokowi) karena Jokowi pro rakyat. TGB ini kesatria, dia tampil gagah berani mendeklirkan dukungannya kepada Jokowi, TGB bahkan tidak memikirkan karir politiknya di partainya," tegasnya.

Sebelumnya, saat mendeklarasikan JKW-TGB oleh Sekber Relawan Jokowi NTB pada Sabtu (9/6), memang sempat ada sedikit keraguan dari relawan Jokowi ini karena melihat latar belakang TGB yang masih menjabat di partainya. Namun saat ini relawan Jokowi di NTB semakin yakin TGB adalah tokoh nasional yang berdiri pada semua kepentingan dan golongan

"TGB seorang ulama dan umara yang yang telah teruji hampir sepuluh tahun memajukan NTB. Kami simpulkan duet Jokowi TGB ini sangat ideal. Kami yakin banyak kalangan yang akan mendukung duet Jokowi TGB jika berpasangan. Kami akan menggalang dukungan dan memenangkan ?pasangan ini kesemua relawan Jokowi," tegas Imam Sofian yang juga kandidat doktor ilmu hukum ini.

Sumber :
https://mataram.antaranews.com/berita/36956/duet-jokowi-tgb-sintesa-ber-indonesia-wasathiyah