Presiden Jokowi Bangga Lalu Muhammad Zohri Jadi Juara Dunia U-20 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Presiden Jokowi Bangga Lalu Muhammad Zohri Jadi Juara Dunia U-20

Presiden Jokowi Bangga Lalu Muhammad Zohri Jadi Juara Dunia U-20

Share This
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan sprinter Lalu Muhammad Zohri yang menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia. Hasil ini menjadi kejutan karena Zohri menjadi peserta yang tidak diunggulkan
"Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga," kata Jokowi seusai menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-71 di Indonesia Convention Centre, BSD City, Tangerang, Banten, Kamis, 11 Juli 2018.
Menurut Jokowi, prestasi yang diraih oleh Zohri dan atlet-atlet cabang olahraga lainnya akan menjadi modal penting Indonesia untuk berjaya di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.
"Kayak kemarin badminton, itu modal (untuk) Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," ucapnya.
Zohri yang baru berusia 18 tahun mencuri perhatian setelah mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat, Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris. Pasalnya Zohri menjadi jawara meski start dari lintasan 8 atau lintasan yang terluar.
Tak disangka, Zohri melesat meninggalkan para unggulan tersebut. Dia masuk finis dengan catatan waktu 10.18 detik. Kecepatan angin saat itu tercatat 1,2 meter/detik atau masih di bawah batas maksimal kecepatan angin yang diizinkan IAAF. 
Zohri juga memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra yang tercatat atas namanya sendiri 10,25 detik. Catatan waktu Zohri mendekati rekornas senior 10,19 detik atas nama sprinter Suryo Agung Wibowo.
Sejak Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U20 digelar 32 tahun lalu, baru kali ini sprinter Indonesia menjadi juara. Hasil terbaik yang pernah dicapai Indonesia adalah lolos heat 1 pada tahun 1986.
Keberhasilan Lalu Muhammad Zohri  memunculkan optimisme bahwa Indonesia mampu berbicara dalam persaingan atletik di Asian Games 2018, khususnya nomor 100 meter putra.



Sumber : https://sport.tempo.co/read/1106166/presiden-jokowi-bangga-lalu-muhammad-zohri-jadi-juara-dunia-u-20

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages