Asian Games 2018 Berdampak Besar Pada Perekonomian Di Sektor Pariwisata Dan Infrastruktur - Mading Indonesia

Post Top Ad

Asian Games 2018 Berdampak Besar Pada Perekonomian Di Sektor Pariwisata Dan Infrastruktur

Asian Games 2018 Berdampak Besar Pada Perekonomian Di Sektor Pariwisata Dan Infrastruktur

Share This


Jakarta – Dalam Penyelenggaraan Asian Games 2018 banyak melibatkan industri UMKM dimana 15 perusahaan lokal dan UMKM yang berpartisipasi sebagai pemegang lisensi resmi. Ajang ini juga menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lokal. Hal tersebut memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian Indonesia.

Berdasarkan perhitungan Bappenas, dampak ekonomi secara langsung dari Asian Games 2018 sebesar Rp 45,1 triliun. Perolehan itu dihitung dari sisi pengeluaran pengunjung, investasi infrastruktur pendukung, dan operasionalisasi acara, terhitung sejak persiapan pada 2015 hingga selama acara berlangsung mulai 18 Agustus 2018.

Diketahui bahwa sektor konsumsi menyumbang porsi terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebesar 53-54 persen di antaranya berasal dari konsumsi rumah tangga. Dengan adanya Asian Games, maka konsumsi rumah tangga akan meningkat dan berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

Dengan adanya event tersebut, infrastruktur Indonesia juga bertumbuh signifikan seperti percepatan pembangunan LRT, MRT, jalan dan renovasi GBK. Sehingga dampaknya luar biasa meliputi semua industri, semua lapisan, dan pemangku kepentingan.

Selain itu, Asian Games 2018 juga berdampak besar pada perekonomian di sektor pariwisata. Dampak langsung pada ekonomi negeri diprediksi bernilai Rp 3 triliun dan menjadi ajang promosi 7 destinasi Tanah Air yakni Jakarta dan Palembang, Bali, Banyuwangi, Bandung, Yogyakarta, dan Sumatera Selatan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages