Pemerintah Target Bantuan Sampai ke Lokasi Gempa Palu Pagi Ini - Mading Indonesia

Post Top Ad



Sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah pusat segera melakukan koordinasi untuk penanganan korban bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Sejumlah tenaga medis direncanakan akan langsung dikirimkan ke wilayah bencana.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto menjelaskan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI Angkatan Darat serta Laut sudah menyiapkan rumah sakit lapangan di Kota Palu. Sedangkan untuk tenaga medis sendiri rencananya akan diberangkatkan pada Sabtu (29/9/2018) pagi nanti.
Baca Juga : Sabtu Pukul 04.00 WIB, Pasukan TNI Terbang ke Lokasi Gempa Palu

“Kesehatan tadi sudah disiapakan, rumah sakit lapangan dari BNPB dari angkatan laut dari darat sudah menyiapakan unit kesehatan yang akan diangkut dengan pesawat Hercules maupun kapal laut. Besok kita harapkan sudah siap untuk bergerak ke tempat lokasi,” jelas Wiranto di Kantor Menkopolhukam, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9/2018) dinihari.

Selain itu, kata Wiranto, sejumlah pasukan TNI sudah mulai berangkat menuju lokasi untuk segara melakukan evakuasi baik untuk korban maupun rumah-rumah masyarakat yang rusak.

“Pasukan TNI sudah bergerak dari daerah-daerah yang dekat dari daerah-daerah yang dekat dengan bencana dari Gorontalo, Mamuju, Makassar dengan jalur darat dan sudah bergerak menuju ke tempat bencana,” ujarnya.

Wiranto menambahkan Kemensos sudah menyiapkan bahan-bahan makanan hingga santunan untuk para korban bencana gempa bumi dan tsunami.

“Mensos sudah menyiapkan bahan-bahan makanan, paket sembako sudah disiapkan, termasuk selimut, bahkan santunan pun sudah disiapkan, tinggal menunggu instruksi dari hasil rapat-rapat koordinasi yang kita akan laksanakan disana nanti,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Gempa 7,7 Skala Richter dengan disusul tsunami terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Gempa berkekuatan tinggi terasa pukul 18.00 Wita atau saat warga selesai melaksanakan salat maghrib.

Kemudian dilaporkan air laut di Teluk Palu sempat meninggi mencapai 4 meter. Kenaikan air laut tersebut terekam sejumlah video amatir. Sementara kelompok kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), mengatakan air laut sempat meninggi di Teluk Palu.

https://www.suara.com/news/2018/09/29/014605/pemerintah-target-bantuan-sampai-ke-lokasi-gempa-palu-pagi-ini

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages