Difasilitasi Bappenas, Pemerintah Dapat Investasi Proyek Infrastruktur Senilai Rp.47 T - Mading Indonesia

Post Top Ad

Difasilitasi Bappenas, Pemerintah Dapat Investasi Proyek Infrastruktur Senilai Rp.47 T

Difasilitasi Bappenas, Pemerintah Dapat Investasi Proyek Infrastruktur Senilai Rp.47 T

Share This

Bali, – Pemerintah mendapat pembiayaan baru untuk mengerjakan proyek infrastruktur di bidang energi terbarukan, perkebunan dan jalan tol melalui skema Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA), serta kerja sama Pemerintah dan badan usaha atau KPBU.
“Beberapa proyek, bukan rencana atau wacana yang akan dikerjakan, tetapi proyek pasti. Beberapa sudah bisa mulai operasi tahun depan,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, saat memberikan sambutan dalam penandatanganan kesepakatan atau financial closing di Hotel Nikko, Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10).
Pertemuan dan penandatangan ini merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan IMF-World Bank 2018 yang digelar di Nusa Dua, Bali, 8-15 Oktober 2018. Pembiayaan proyek-proyek yang telah ditanda tangani ini mendapat fasilitasi dari Pembiayaan lnvestasl Non Anuaran Pemerintah (PINA) Center for Private Investment atau yang juga dikenal dengan PINA Center Bappenas, entitas di bawah kementerian.
Penandatangan perjanjian tersebut sudah dalam tahap financial closing dengan transaksi senilai Rp 47 triliun terdiri dari 2 kesepakatan kerja sama di bidang energi terbarukan senilai Rp 590 miliar, satu kesepakatan kerja sama di bidang perkebunan senilai Rp 2 triliun, 3 kesepakatan kerja sama pembangunan jalan tol dengan perkiraan nilai Rp 44,5 triliun.
Bambang mengatakan bahwa dirinya mempersilakan bagi investor yang ingin masuk dan berinvestasi di sektor-sektor strategis yang dikerjakan oleh pemerintah saat ini. Apalagi saat ini pemerintah menawarkan banyak skema yang bisa digunakan dalam berinvestasi.
“Ada banyak skema yang ditawarkan oleh pemerintah, bisa lewat KPBU atau masuk lewat BUMN,” kata Bambang.
Adapun proyek-proyek tersebut, antara lain, pembangunan fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di Kalimantan Barat. Proyek ini diharapkan dapat memperkuat pasokan listrik daerah Kalimantan Barat, sekligus berkontribusi dalam mendukung dan mengembangkan lnfrastruktur di bidang pembangkit listrik energi baru terbarukan.
Kemudian, disepakati pula rangka restrukturisasi perusahaan dan pengembangan infrastrukturperkebunan di lingkungan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dan anak perusahaan. Selain itu, di bidang jalan tol, ada proyek pembangunan dan penambanan ruang lingkup jalan tol untuk ruang Cawang-Tanjung Priok-Ancol dan juga pembangunan North South Link Bandung (jalan tol Kota Bandung-Koja) yang merupakan bagian dari tol ruas Soreang-Pasir Koja. (RN/MCF)




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages