Komitmen Pemerintahan Jokowi – JK Bangun Jalan Perbatasan Papua Sepanjang 1.098 Km Hampir Terwujud - Mading Indonesia

Post Top Ad

Komitmen Pemerintahan Jokowi – JK Bangun Jalan Perbatasan Papua Sepanjang 1.098 Km Hampir Terwujud

Komitmen Pemerintahan Jokowi – JK Bangun Jalan Perbatasan Papua Sepanjang 1.098 Km Hampir Terwujud

Share This
Era Pemerintahan Jokowi – JK memang tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur akses jalan demi mewujudkan komitmen pemerintah untuk mencapai pemerataan keadilan dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh yang mengarah pada target peningkatan ekonomi masyarakat, dimana pembangunan jalan ini dilakukan tidak hanya di wilayah – wilayah yang mudah terjangkau saja, tetapi juga merambah ke wilayah – wilayah bermedan berat seperti Papua yang oleh pemerintahan sebelumnya hampir tidak pernah terjamah.
Berdasarkan pada komitmen tersebut diatas pemerintah menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang  1.098 kilometer (Km) jalan di perbatasan Papua dengan lokasi yang terbentang dari Jayapura hingga Merauke.
Target tahun 2019, pemerintah akan berkonsentrasi di Ubrub sampai Oksibil. Sekaligus, menyediakan alternatif pilihan untuk menuju point to point dari Jayapura sampai Ubrub, ataupun dari bawah sampai atas menuju Trans Papua,  meskipun pada kenyataan kondisi di lapangan pembangunan jalan di perbatasan Papua bukan perkara mudah dikarenakan kondisi alam, kontur, lingkungan dan pegunungan tengah yang cukup berat.
“Ini memang (dari 1.098 kilometer) ada yang belum tembus sekitar 189 km. Memang kondisinya cukup berat,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (20/9).
Sugiyartanto mengaku sejak 2015 jalan perbatasan Papua sudah tembus 908,72 kilometer. Dia menceritakan jalan perbatasan ini diupayakan akan tersambung dengan jalan Trans Papua yang pertama kali dikunjungi Presiden dan Menteri Basuki Hadimuljono menggunakan motor trail yakni ruas Wamena-Habema.
“Itu ada di daerah sini yang naik sepeda motor itu. Jadi kita sedang menembus dari atas ke bawah (Jayapura-Oksibil). Sedangkan dari bawah ke atas (Merauke sampai Tanah Merah) yang ada garis merah nyambung ini sudah terbuka tidak ada masalah,” katanya.
Pembangunan jalan di perbatasan Papua terdiri dari tiga segmen. Untuk segmen 1 berada di Jayapura-Arso-Waris-Yeti (128,18 km), segmen 2 Yetti-Ubrub-Oksibil (301,74 km) dan segmen 3 Oksibil-Tanah Merah-Muting-Merauke (668,32 km).
Masih menurut sugiyartanto, masalah pemeliharaan, potensi rawan longsor dan lain-lain juga turut menjadi kondisi yang harus dihadapi di lapangan. Sehingga, dia berharap dalam waktu yang tinggal tersisa tiga bulan ini jalan yang belum tembus sepanjang 189 kilometer dapat dibuka. (WO)

http://bacafakta.com/komitmen-pemerintahan-jokowi-jk-bangun-jalan-perbatasan-papua-sepanjang-1-098-km-hampir-terwujud/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages