Perekonomian Palu Kembali Bergeliat Pasca Bencana - Mading Indonesia

Post Top Ad

Perekonomian Palu Kembali Bergeliat Pasca Bencana

Perekonomian Palu Kembali Bergeliat Pasca Bencana

Share This
Perekonomian Palu Kembali Bergeliat Pasca Bencana
Kondisi perekonomian di Kota Palu perlahan-lahan mulai membaik. Aktivitas perdagangan pun kembali bergeliat setelah enam hari bencana gempa bumi dan tsunami melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9) lalu.
Sebelumnya perekonomian itu lumpuh seketika, namun kini aktivitas di pasar Inpres Manonda, Jalan Kunduri, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, sudah terlihat para pedagang yang menjajakan dagangannya.
Salah satu pedagang yang kembali membuka lapaknya adalah Ahmad (41). “Alhamdulillah, saya rasa sudah mulai baik ini kota.
Orang-orang jugakan kasihan, kadang ada yang mau belanja untuk dapurnya, untuk persiapan di tenda-tenda atau tempat pengungsian. Makanya kami mulai buka lagi,” kata Ahmad di lapaknya, Kamis (4/10).
Diakuinya, salah satu yang tidak lagi membuatnya takut untuk kembali berjualan karena mendapatkan informasi bahwa pedagang diimbau untuk menjajakan kembali barang dagangannya. Khususnya bagi mereka yang berjualan di pasar tradisional.
“Dua hari lalu, saya dapat informasi itu dari media. Dari tim itu yang penyelamat-penyelamat juga kalau kondisi katanya sudah mulai aman,” ujar dia.
Sementara pedagang lainnya mengatakan, dirinya sudah kembali berjualan sejak dua hari lalu. Ia mengaku tak terlalu cemas terkait kondisi dan gempa-gempa susulan yang dikabarkan akan terjadi.
“Sudah biasa kami kalau gempa-gempa kecil. Tapi karena kami rasa kemarin itu sudah mulai baik setelah tsunami, kami jualan saja kembali,” ungkap Samsul yang berjualan ikan kering.
Terkait harga bahan kebutuhan pokok yang mereka jajakan, sama sekali tak mengalami perubahan. Harga tetap normal seperti sebelum bencana terjadi. Pantauan JawaPos.com di lokasi, Pasar Monando mulai dipadati pedagang dan masyarakat. Pasar ini beroperasi dari pukul 05.00 WITA hingga sore waktu setempat.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berharap, penanganan korban dan wilayah terdampak gempa dapat segera selesai. Pasalnya, bila sudah selesai, pemerintah akan berupaya menghidupkan aktivitas perekonomian warga yang terhenti setelah bencana.
“Kita ingin menghidupkan titik-titik ekonomi baik pasar dan toko-toko dan mengimbau mereka (warga) untuk buka kembali sehingga aktivitas ekonomi menjadi bergerak. Kita berharap proses ini segera selesai untuk masuk ke tahapan berikut, yaitu rehabilitasi dan rekonstruksi,” jelas Presiden Jokowi saat meninjau kedua kalinya ke Palu, Rabu (3/10).
Sumber : https://bidikdata.com/perekonomian-palu-kembali-bergeliat-pasca-bencana.html

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages