Jamin Ketersediaan Air untuk Persawahan, Jokowi Bangun 65 Bendungan - Mading Indonesia

Post Top Ad

Jamin Ketersediaan Air untuk Persawahan, Jokowi Bangun 65 Bendungan

Jamin Ketersediaan Air untuk Persawahan, Jokowi Bangun 65 Bendungan

Share This

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rencana strategisnya menargetkan pembangunan 65 bendungan dalam lima tahun. Bendungan tersebut terdiri dari 16 proyek lama dan 49 proyek baru.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam akun instagramnya berbagi cerita mengenai pentingnya pembangunan bendungan ini. Dalam video yang diunggahnya, Jokowi menekankan kekeringan dan kemarau panjang harus bisa diatasi. Adanya bendungan akan menjamin ketersediaan air yang menjadi kunci ketahanan pangan Indonesia.
“Tidak akan mungkin jadi bangsa yang berdaulat di bidang pangan, kalau jumlah bendungan dan saluran irigasi yang mengaliri lahan-lahan pertanian kita di seluruh penjuru tanah air sangat terbatas,” kata Jokowi.
Dalam video tersebut, seorang Petani mengaku kini dapat melakukan panen padi hingga dua kali setiap tahun lantaran ketersediaan air yang cukup melalui saluran irigasi yang ada.
“Kalau dulu nggak ada waduk itu, satu tahun hanya nanam padi sekali. Kalau sekarang ada irigasi, sudah bisa dua kali,” katanya.
Pembangunan bendungan sendiri dilakukan dalam rangka mewujudkan ketahanan air dan kedaulatan pangan. Dengan dibangunnya 65 bendungan tersebut maka ketersediaan tampungan air di Indonesia akan meningkat menjadi 19,1 miliar meter kubik dari sebelumnya yang hanya 12,6 miliar meter kubik yang berasal dari 230 bendungan yang ada saat ini.
Penambahan volume air yang bisa ditampung akan memberi pengaruh terhadap luasan areal irigasi yang diairi. Saat ini dari 7,1 juta hektar sawah, 760.000 hektar sawah atau 10,5% dari irigasi yang sumber air dari bendungan, sementara sisanya masih berasal dari air non bendungan seperti tadah hujan maupun bendung saja.
Dengan selesainya 65 bendungan tersebut, luasan sawah yang mendapat air dari bendungan bertambah 173.000 hektar atau secara total menjadi 933.000 hektar atau 13,5% yang bersumber dari air bendungan. Dengan sumber air dari bendungan, maka kebutuhan air pertanian diharapkan bisa terpenuhi sepanjang tahun.
Namun waktu yang dibutuhkan untuk membangun bendungan juga tak sebentar. Dibutuhkan waktu tiga sampai empat tahun, belum lagi waktu untuk melakukan pengisian air ke bendungan hingga mencapai kapasitas optimalnya.
Hal ini membuat dari 65 bendungan yang dibangun, ditargetkan akan ada 29 bendungan yang selesai pada 2019 dan akan selesai seluruhnya pada 2022.
Adapun biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan 65 bendungan tersebut mencapai Rp 70,1 triliun. Berbagai skema pembiayaan dilakukan pemerintah, termasuk kerja sama dengan badan usaha/swasta hingga pinjaman dari negara lain.
Sumber :http://stopfitnah.com/jamin-ketersediaan-air-untuk-persawahan-jokowi-bangun-65-bendungan/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages