Jokowi Ajak Masyarakat Hijrah, KH Mujib: Sangat Baik dan Patut Diapresiasi - Mading Indonesia

Post Top Ad

Jokowi Ajak Masyarakat Hijrah, KH Mujib: Sangat Baik dan Patut Diapresiasi

Jokowi Ajak Masyarakat Hijrah, KH Mujib: Sangat Baik dan Patut Diapresiasi

Share This

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk hijrah dari prilaku konsumtif ke produktif. Kemudian, dari pola pikir pesimisme ke sikap optimisme, dari yang marah-marah ke sabar, dan dari senang perpecahan ke mencintai persatuan.
Ajakan itu disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Jokowi-Ma'ruf Amin di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (3/10/2018).
Seperti diberitakan iNews, ajakan tersebut menuai pujian. Salah satunya dari Ketua Umum Ikhwanul Mubalighin, KH Mujib Khudori. Menurut dia, apa yang disampaikan Jokowi layak diapresiasi.
“Saya pikir itu ajakan yang sangat baik, seperti ungkapan ‘hijrah dari yang senang perpecahan jadi yang senang persatuan’. Itu kan mengajak kita agar tidak lagi nafsi-nafsi (sendiri-sendiri) membangun bangsa,” ujar Kiai Mujib di Jakarta, Sabtu (3/11/2018).
Dia menjelaskan, kata hijrah sendiri sebenarnya berarti berpindah tempat. Istilah itu antara lain mengacu pada peristiwa perpindahan Rasulullah SAW dan para sahabat dari Makkah ke Madinah dalam rangka untuk menyelamatkan iman mereka kepada Allah SWT.
Ulama berpendapat, hijrah yang dilakukan Nabi SAW dan para sahabat ketika itu termasuk hijrah fisik. “Nah, setelah peristiwa Fathul Makkah atau Pembebasan Kota Makkah, hijrah fisik dalam konteks seperti yang dilakukan Nabi sudah tidak ada lagi. Seperti yang disebutkan dalam hadis ‘laa hijrata ba’dal fathi’ (tidak ada hijrah fisik lagi setelah Fathul Makkah),” kata Mujib.
Dia menuturkan, hijrah yang disampaikan Jokowi kali ini lebih kepada konteks maknawi, yaitu mengubah perilaku. “Salah satunya ya itu tadi, dari yang tadinya mudah marah menjadi pribadi yang lebih sabar dalam berusaha,” tutur Kiai Mujib.
Sumber : https://news.okezone.com/read/2018/11/03/337/1972926/jokowi-ajak-masyarakat-hijrah-kh-mujib-sangat-baik-dan-patut-diapresiasi

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages