Ma’ruf Amin Ajak Para Kiai Mengingat Sejarah Bangsa - Mading Indonesia

Post Top Ad

Ma’ruf Amin Ajak Para Kiai Mengingat Sejarah Bangsa

Ma’ruf Amin Ajak Para Kiai Mengingat Sejarah Bangsa

Share This

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin kembali bersilaturrahim dengan ribuan masyarakat kabupaten dan Kota Serang, serta Cilegon, di Pondok Pesantren, An-Nawawi Tanara, Serang, Banten, Minggu (16/12/2018).
Dalam kesempatan itu, Ma’ruf mengajak para kiai untuk kembali mengingat sejarah bangsa Indonesia. Dia juga menceritakan tentang perjuangan para ulama Indonesia terdahulu yang telah menjaga negara ini.
“Kita harus belajar dari sejarah, bagaimana para pendahulu kita membangun kesepakatan, mitsaq. Berupa NKRI dan Pancasila. Nabi sendiri pernah melakukan mitsaq, kesepakatan untuk kedamaian Madinah,” ujar Ma’ruf melalui keterangan resminya.
Ma’ruf melanjutkan, ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, Belanda dan Sekutu sempat ingin merebut kembali Indonesia pada Oktober di tahun yang sama.
Namun, para ulama yang dipimpin Rais Akbar KH Hasyim Asy’ari kemudian mengeluarkan Resolusi Jihad yang melahirkan semangat umat Islam, sehingga Indonesia bisa selamat dari ancaman penjajahan Belanda.
Ia menambahkan, bagaimana ulama terdahulu ikut membangun kesepakatan tentang konsep dan dasar negara ini, yaitu NKRI yang berdasarkan Pancasila. Oleh sebab itu, semua komponen bangsa kata dia harus taat terhadap kesepakatan tersebut.
“Kita harus menaati dan menjaga kesepakatan itu. Jika dilihat dari isi Pancasila, apakah negara ini islami? ya tentu Indonesia ini negara kebangsaan yang bertauhid, karena ada Sila Ketuhanan yang Maha Esa,” ucap Ma’ruf.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages