Dibebaskan Jokowi, Begini Rekam Jejak Abu Bakar Ba'asyir - Mading Indonesia

Post Top Ad

Dibebaskan Jokowi, Begini Rekam Jejak Abu Bakar Ba'asyir

Dibebaskan Jokowi, Begini Rekam Jejak Abu Bakar Ba'asyir

Share This

JAKARTA - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir bakal menghirup udara bebas dari penjara setelah Presiden Joko Widodo memberikan keringanan atas dasar kemanusiaan. Jokowi mengutus kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra untuk berkomunikasi dengan Ba'asyir.
Yusril menuturkan, pembebasan Ba'asyir dilakukan tanpa syarat. Pasalnya, Presiden Jokowi telah memutuskan demikian. Menurut pakar hukum tata negara itu, Presiden memiliki otoritas mengesampingkan Permenkumham 2018 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi.
Dengan demikian, aturan tersebut secara otomatis tidak berlaku berkaitan dengan pembebasan Ba'asyir. Pendiri pondok pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo itu diketahui telah menjalani 2/3 masa hukumannya, yakni 9 dari 15 tahun penjara. Karenanya dia berhak menghirup udara bebas.
Berikut data dari Okezone tentang rekam jejak Abu Bakar Ba'asyir, khususnya terkait peristiwa menonjol yang menjeratnya:
1. Terlibat Kasus Pendanaan Kelompok Teror di Aceh
Pada 2010 Ba'asyir ditangkap polisi karena ditengarai terlibat dalam pendanaan kelompok bersenjata di Aceh. kemudian tahun 2011, ia diganjar hukuman 15 tahun penjara. Kini yang bersangkutan akan bebas atas pertimbangan kemanusiaan Presiden Jokowi. Ba'asyir sudah menjalani 2/3 masa hukuman pidananya.
2. Tolak Hormat Bendera dan Asas Tunggal Pancasila
Pada era Orde Baru, tepatnya tahun 1983, Abu Bakar Ba'asyir juga pernah ditangkap bersama Abdullah Sungkar. Keduanya dituduh menghasut orang untuk menolak asas tunggal Pancasila. Ia juga melarang santrinya melakukan hormat bendera karena menurut dia itu perbuatan syirik. Akhirnya, Ba'asyir dan Sungkar diganjar hukuman sembilan tahun penjara. Di tengah-tengah masa hukumannya, mereka melarikan diri ke Malaysia.
3. Konspirasi Bom Bali
Pada 3 Maret 2005, Ba'asyir dinyatakan bersalah atas konspirasi serangan Bom Bali I 2002, di mana banyak korbannya merupakan warga Australia. Namun dia lolos dari jeratan terkait Bom Bali II 2003. Ba'asyir divonis hukuman 2,6 tahun penjara, namun masa kurungannya dikurangi 4 bulan dan 15 hari terkait remisi.
(kha)
Sumber : https://news.okezone.com/read/2019/01/20/337/2006850/dibebaskan-jokowi-begini-rekam-jejak-abu-bakar-ba-asyir

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages