Presiden Jokowi Imbau Stabilitas Keamanan Dijaga Menjelang Pemilu 2019 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Presiden Jokowi Imbau Stabilitas Keamanan Dijaga Menjelang Pemilu 2019

Presiden Jokowi Imbau Stabilitas Keamanan Dijaga Menjelang Pemilu 2019

Share This
Presiden Jokowi Imbau Stabilitas Keamanan Dijaga Menjelang Pemilu 2019
Presiden Joko Widodo mengingatkan mengenai stabilitas pada tahun pemilu 2019. Ia meminta jajaran pemerintahan untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dengan baik sehingga pesta demokrasi di tahun 2019 dapat berlangsung dengan aman, damai serta demokratis.
“Karena kita memasuki tahun pemilu maka stabilias keamanan, ketertiban harus terus dijaga dengan baik,” ungkap Presiden saat membuka Sidang Kabinet Paripurna terkait Program dan Kegiatan Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/1).
Presiden mengingatkan bahwa pada 2018, Indonesia sudah membuktikan mampu menyelenggarkan 171 pemilihan kepala daerah serentak dengan aman dan damai.
Atas keberhasilan itu, Presiden optimis dengan pengalaman panjang demokrasi, maka pemilu presiden akan berlangsung dengan aman, damai dan demokratis.
Sementara itu, Menko Polhukam Wiranto menyampaikan arahan presiden agar jajarannya berhati-hati dalam menghadapi tahun politik ini. Presiden, kata Wiranto, meminta agar seluruh jajarannya mendukung penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, dan lancar.
“Betul tadi Presiden telah mengarahkan supaya hati-hati ya, untuk menghadapi tahun politik ini tentunya kita hadapkan kepada pemilu 2019 tahun ini untuk pemilu serentak, pemilu legislatif presiden dan wakil presiden,” ujar Wiranto di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.
Lebih lanjut kata mantan Panglima ABRI ini, pemerintah bersama dengan Bawaslu dan Polri juga telah menyusun indeks kerawanan pemilu di setiap daerah. Dengan adanya indeks kerawanan pemilu tersebut, maka pemerintah dapat memetakan wilayah mana saja yang memiliki tingkat ancaman yang tinggi.
“Kita sudah mengidentifikasi kir-kira di soal apa kerawanan itu. Mulai sekarang kita mulai bertahap mencoba mentralisir kerawanan itu. Sehingga pada saat nanti hari H nya, kita harapkan indeks kerawanan pemilu di semua daerah itu rendah,” ujarnya.
Untuk menciptakan situasi yang kondusif selama tahun politik ini, lanjut Wiranto meminta agar seluruh pihak yang terlibat harus bekerja sama, baik KPU, Bawaslu, DKPP, pimpinan parpol, para konstentan, serta masyarakat. Karena peran serta semuanya memiliki tanggung jawab yang sama agar pesta demokrasi berjalan lancar dan damai.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages