Jokowi Tarawih Pertama di Masjid Jenderal Besar Soedirman Bogor - Mading Indonesia

Post Top Ad

Jokowi Tarawih Pertama di Masjid Jenderal Besar Soedirman Bogor

Jokowi Tarawih Pertama di Masjid Jenderal Besar Soedirman Bogor

Share This

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan ibadah Salat Tarawih Ramadan 1440 Hijriah pertamanya di Masjid Jenderal Besar Soedirman, Kota Bogor, Jawa Barat. Kedatangan Jokowi disambut hangat ratusan jamaah masjid.
Pantauan Okezone di lokasi, Jokowi berangkat dari Istana Kepresidenan Bogor dan tiba di masjid sekira pukul 18.50 WIB. Jokowi yang mengenakan koko putih lengan panjang dan peci hitam langsung disambut oleh pengurus masjid dan jamaah.
"Iya ada Pak Jokowi," ujar salah satu anggota Paspampres di lokasi, Minggu (5/5/2019).
Setelah itu, Jokowi bergegas masuk ke dalam masjid dan duduk di barisan paling depan. Tidak lama kemudian, Jokowi bersama ratusan jamaah lainnya melaksanakan ibadah Salat Isya dan nantinya dilanjutkan dengan ibadah Salat Tarawih.
Hingga saat ini, Jokowi masih berada di dalam masjid. Beberapa anggota Paspampres pun terlihat berjaga-jaga di sekitar lokasi masjid tersebut.
Seperi diketahui, Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019. Umat Islam sudah bisa melaksanakan Salat Tarawih mulai malam ini dan besok dilanjutkan dengan berpuasa. Keputusan itu diambil dalam Sidang Isbat melibatkan berbagai unsur di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat.
"Karena dua hal tadi posisi hilal dan kesaksian petugas kita dan kemudian peserta sidang secara mufakat, 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari 6 Mei 2019," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengumumkan hasil Sidang Isbat.
Lukman sudah mendengarkan pemaparan posisi hilal dari pemantauan yang dilakukan Tim Rukyat dan Hisab di berbagai provinsi. Kemenag memantau posisi hilal di 102 titik dalam 34 provinsi di Indonesia.
Dari hasil pemantauan tersebut diketahui posisi hilal berada pada 4 derajat 59 detik. Untuk itu, Kemenag memutuskan waktu terbenamnya matahari Minggu sore ini adalah awal masuknya Ramadan 1440 Hijriah.
(Ari)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages