DPR RI Tegaskan Kedaulatan NKRI Dan Menolak Referendum Aceh - Mading Indonesia

Post Top Ad

DPR RI Tegaskan Kedaulatan NKRI Dan Menolak Referendum Aceh

DPR RI Tegaskan Kedaulatan NKRI Dan Menolak Referendum Aceh

Share This

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyatakan menolak secara tegas pernyataan Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf yang memunculkan wacana referendum di Aceh. Selain itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet juga meminta TNI untuk meredam isu tersebut.

“Menolak secara tegas rencana referendum yang akan dilaksanakan oleh rakyat Aceh mengingat Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdaulat dan NKRI adalah harga mati,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/5).

Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdaulat dan NKRI adalah harga mati. Dirinya juga mengimbau kepada TNI untuk mengantisipasi perkembangan dari isu referendum Aceh.

“Agar dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat, dan tidak menimbulkan pergolakan politik daerah lainnya,” kata Bamsoet.

Kepada para akademisi dan pakar Hukum Tata Negara diimbau agar secara bersama menjelaskan kerugian yang ditimbulkan sebagai dampak dari adanya referendum, seperti menghilangkan rasa persatuan dan kesatuan sebagai contoh yang pernah terjadi di Timor Timur.

Tak ada kaitan antara referendum dengan hasil Pilpres 2019, kekecewaan hasil Pilpres 2019 masih bisa diselesaikan lewat alternatif lain.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menegaskan wacana referendum Aceh tak akan terlaksana. Pasalnya, aturan yang mengatur hal tersebut tidak ada.

Wiranto menyebutkan beberapa aturan dan keputusan, mulai TAP MPR hingga undang-undang yang sudah membahas sebelumnya dan sudah ada pembatalannya. (ren/mcf)

Sumber : http://bacafakta.com/dpr-ri-tegaskan-kedaulatan-nkri-dan-menolak-referendum-aceh/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages