Isu Kegiatan Latihan JAD di Keerom dan Merauke Adalah Hoaks - Mading Indonesia

Post Top Ad

Isu Kegiatan Latihan JAD di Keerom dan Merauke Adalah Hoaks

Isu Kegiatan Latihan JAD di Keerom dan Merauke Adalah Hoaks

Share This
Cek sebelum menerima sebuah kebenaran informasi yang kita dapat dari manapun. Karena jika tidak, hal itu akan membuat keresahan di tengah masyarakat.
Perkembangan teknologi dan informasi memang membuat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi, namun jika kita tidak pandai memilah informsi yang tersebar maka celakalah kiata.
Karena informasi hoaks, warga di Keerom resah. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Keerom menyebut berita adanya lokasi latihan Jamaah Ansarut Daulah (JAD) di Kabupaten Keerom adalah hoax.
“Berita itu memang telah meresahkan warga, utamanya kami di Keerom, dan kami bekerjasama dengan pihak terkait langsung berkoordinasi untuk investigasi, dan hasilnya bahwa berita itu hoax,” tegas Kepala FKUB Kabupaten Keerom, H Nursalim Ar-Rozy saat menggelar jumpa pers bersama Kanwil Kemenag Provinsi Papua di Jayapura, Sabtu (1/6/2019).
Diakuinya, untuk menginvestigasi isu keberadaan JAD di Keerom tersebut, pihaknya juga bekerjasama dengan Polda Papua dan pihak Direktorat Intelijen setempat.
“Itu dikatakan lokasinya di PIR (Perkebunan Inti Rakyat), nah itu sangat luas karena ada 5 lokasi PIR, kami kerjasama dengan Intel untuk menginvestigasi isu itu,” jelasnya.
FKUB juga membantah jika kelompok yang dikatakan JAD memiliki hubungan dengan Ja’far Umar Thalib (JUT)/Panglima Laskar Jihad yang memang sudah memiliki identitas KTP Keerom. Dan kini berproses hukum akibat tindakan Kriminal bersama pengikutnya beberapa bulan lalu.
“Mereka beda ya. Sesuai dengan informasi Polri, bahwa JUT tidak terafiliasi, namun tetap jadi atensi karena JUT juga tokoh berpengaruh. Sementara kalau JAD memang terafiliasi ISIS atau pendukungnya,” ujarnya.
Sementara, Kakanwil Kemenag Papua Amsal Yowei, dalam kesempatan yang sama mengaku pasca berita tersebut tersiar dan membuat gaduh publik Papua, pihaknya melalui jaringan kewilayahan langsung turut meredam.
“Kita punya jajaran di kewilayahan, dan hasil investigasi juga dikatakan tidak ada, dan berita itu tidak benar alias Hoax. Yang di Merauke juga sama, itu tidak ada,” ucapnya yang juga diamini pihak Kemenag Kabupaten Keerom Karel F. Mambay, Ketua Harian MUI Papua H. Umar Bauw, dan Kabag Pembimbing Syariah Kemenag Papua, H AniMatdoan.
Karena itu warga Papua diimbau tidak lagi cemas, dan mengurangi sikap toleransi di Papua. Sebab isu keberadaan JAD di Keerom dan Merauke tersebut adalah hoaks alias tidak benar.
“Kami menyampaikan ini, agar masyarakat Kabupaten Keerom khususnya dan Merauke serta Papua umumnya mendapatkan informasi dengan benar, dan tidak kembali diresahkan dengan informasi tersebut,” kata dia.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages