Pertumbuhan Ekonomi Digital RI Tertinggi di ASEAN - Mading Indonesia

Post Top Ad

Pertumbuhan Ekonomi Digital RI Tertinggi di ASEAN

Pertumbuhan Ekonomi Digital RI Tertinggi di ASEAN

Share This
Pertumbuhan ekonomi digital yang berkembang di Indonesia saat ini tecatat menjadi yang tertinggi di antara negara-negara anggota ASEAN.
Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Hari Santosa Sungkari menyebut pada tahun 2015-2017 pertumbuhan dari ekonomi digital di Indonesia capai 90 persen. Hal itu ia sampaikan dalam jumpa pers Bekraf Developer Day 2019 di Purwokerto, Jawa Tengah, Minggu (23/6/2019).
Menurutnya, pelaku kreatif serta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia paling banyak melakukan kegiatan melalui ekonomi digital.
Sementara pada tahun 2017, kata dia, transaksi e-commerce di Indonesia mencapai USD 8 miliar. Sekitar USD 5 miliar transaksi perdagangan elektronik dilakukan melalui Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.
“Yang menarik dari USD 5 miliar, transaksi seller dilakukan oleh perusahaan kecil yang dipimpin wanita,” katanya.
Dia mengaku saat pergi ke beberapa daerah seperti Magelang, Salatiga, Bengkulu, dan sebagainya, menjumpai banyak ibu-ibu rumah tangga yang membuat kerajinan tangan maupun makanan dan produknya dijual dengan transaksi ekonomi digital. Hal tersebut menunjukkan ekonomi digital sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat.
“Penting bagi kita adalah transaksi digital ini menguntungkan bangsa Indonesia. Jadi, kita nantinya seperti arahan Bapak Presiden, ekspor barang-barang Indonesia,” kata Hari.
Transaksi digital dapat dikatakan paling menguntungkan bagi Indonesia karena bisa meningkatkan ekspor barang dalam negeri.
Oleh karena itu, pelaku usaha diharapkan meningkatkan kualitas barang dan kreatif dalam menghasilkan barang agar bisa diterima dipasar dalam dan luar negeri.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages