Jokowi Hari ini Berkunjung ke Sulut, Tinjau Infrastruktur dan Fasilitas Pariwisata - Mading Indonesia

Post Top Ad

Jokowi Hari ini Berkunjung ke Sulut, Tinjau Infrastruktur dan Fasilitas Pariwisata

Jokowi Hari ini Berkunjung ke Sulut, Tinjau Infrastruktur dan Fasilitas Pariwisata

Share This

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini bertolak ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Jokowi hendak melakukan kunjungan kerja, di antaranya meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang hingga meninjau pembangunan jalan tol Manado-Bitung.

Jokowi direncanakan bertolak ke Provinsi Sulut dari Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (4/6/2019) pukul 07.30 WIB. Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana menumpangi Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Informasi yang dihimpun detikcom, setibanya di tiba di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Jokowi rencananya akan meninjau fasilitas pendukung pariwisata. Mulai dari rencana perluasan Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, hingga rencana pembangunan KEK Pariwisata Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. 

Jokowi juga diagendakan membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat Provinsi Sulut. Ada sekitar 2.000 sertifikat yang akan dibagikan.

Jokowi akan berada di Provinsi Sulut selama 2 hari. Dia akan bermalam di Kota Manado.

Keesokan harinya, Jokowi diagendakan meninjau pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. Jalan tol ini sendiri direncanakan beroperasi penuh pada pertengahan 2020.

Jalan Tol Manado-Bitung merupakan salah satu proyek strategis nasional(PSN) yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas sehingga akan menurunkan biaya logistik. Kehadiran Jalan Tol Manado-Bitung yang menghubungkan Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat atas permasalahan arus serta volume lalu lintas yang semakin padat.

Keberadaan jalan tol ini nantinya juga dapat memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung. Bila waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan arteri berkisar 1,5-2 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30-45 menit.

Jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang total 39 km. Jalan tol ini terbagi atas:

Seksi 1A Ring Road Manado-Sukur sepanjang 7 km
Seksi 1B Sukur-Air Madidi (7 km)
Seksi 2A Air Madidi-Danowudu (11,50 km)
Seksi 2B Danowudu-Bitung (13,50 km.


Sumber

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages