9 Kepala Negara Sekitar Asia Tenggara Hadiri Pelantikan Presiden Dan Wapres, TNI-Polri Siapkan Pengamanan - Mading Indonesia

Post Top Ad

9 Kepala Negara Sekitar Asia Tenggara Hadiri Pelantikan Presiden Dan Wapres, TNI-Polri Siapkan Pengamanan

9 Kepala Negara Sekitar Asia Tenggara Hadiri Pelantikan Presiden Dan Wapres, TNI-Polri Siapkan Pengamanan

Share This

JAKARTA – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung DPR/MPR, diketahui bakal dihadiri 9 Kepala Negara sekitar Asia Tenggara.
Polri memastikan pihaknya bersama TNI serta pemerintah daerah dan institusi terkait siap mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, termasuk pengamanan khusus bagi 9 kepala negara yang akan hadir.
“Sudah hampir dipastikan bahwa ada sembilan kepala negara yang akan hadir, dan kemudian sembilan yang merupakan perwakilan atau utusan khusus dari negara,” kata Asep di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).
Pengamanan akan terdiri dari 3 lapis atau 3 ring. Ring satu diberlakukan Operasi PAM Waskita dibawah tanggung jawab Paspampres, ring dua pasukan dari TNI dan ring tiga dari Polri.
Asep menjelaskan, pengamanan terhadap kepala negara tersebut sebagai Operasi Waskita. Operasi Waskita, kata dia, merupakan tanggung jawab Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).
“Untuk status atau pemberlakuan operasi pengamanannya terhadap 9 kepala negara itu, kita menggunakan Operasi Waskita namanya,” ucap dia.
Nantinya, para kepala negara tersebut akan dijaga mulai dari datang ke Indonesia hingga pulang kembali ke negara asalnya.  Dalam rangka pengamanan pelantikan, ada 30.000 personel yang disiagakan.
Tokoh yang diamankan terdiri dari presiden-wapres beserta keluarganya, kepala negara, kepala pemerintahan, tamu dari luar negeri, dan utusan khusus. Sementara itu, tempat yang menjadi fokus pengamanan adalah Gedung DPR/MPR sebagai tempat dilaksanakannya pelantikan, Istana Presiden, serta kawasan Glodok dan Jembatan Tiga. 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages