Makna Batik yang Dipakai Prabowo saat Dilantik Jokowi Jadi Menhan - Mading Indonesia

Post Top Ad

Makna Batik yang Dipakai Prabowo saat Dilantik Jokowi Jadi Menhan

Makna Batik yang Dipakai Prabowo saat Dilantik Jokowi Jadi Menhan

Share This



Jakarta - Para menteri Kabinet Indonesia Maju di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin dilantik hari ini (23/10/2019) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Mereka kompak mengenakan busana batik termasuk Prabowo Subianto yang dipilih menjadi Menteri Pertahanan.

Mantan calon presiden dari Partai Gerindra itu memilih kemeja batik bernuansa cokelat-hijau dengan sentuhan putih dan hitam. Kemeja yang dikenakan pria 69 tahun ini memiliki berbagai jenis corak batik klasik. Setiap motif batiknya pun menyiratkan makna tersendiri.

Terdapat batik Parang Barong, salah satu motif yang paling populer di Indonesia. Parang Barong dicirikan dengan bentuk parang berukuran besar dan merupakan induk dari semua motif parang.


Pada zaman dahulu, Parang Barong biasanya hanya boleh digunakan raja di acara-acara tertentu saja. Makna Barong sendiri adalah singa, dan mencerminkan sesuatu yang agung, serta besar.

Pada bagian tengah juga terdapat motif lainnya. Jika dilihat lebih jelas, tampak motif batik yang disebut Gurda. Motif Gurda, berasal dari kata Garuda, di mana terdapat kedua sayap mengembang serta badan dan ekor. Dalam budaya Jawa, burung Garuda memiliki kedudukan yang penting, karena merupakan tunggangan Batara Wisnu yang merupakan Dewa Matahari.



Selain Parang Barong dan Gurda, terlihat juga ada motif kawung di bagian belakang kemeja. Batik dengan corak kawung mempunyai makna yang melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya. Batik ini berpola bulatan serupa dengan buah kawung yang ditata rapi secara geometris.

Kemeja batik ini bukan kali pertama dikenakan Prabowo Subianto. Ia memakai baju yang sama saat bertemu Megawati Soekarnoputri di kediamannya, Jl. Teuku Umar, Jakarta Pusat, pada 24 Juli 2019.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages