Presiden Jokowi dan ASEAN Sepakat Dukung Repatriasi Rohingya - Mading Indonesia

Post Top Ad

Presiden Jokowi dan ASEAN Sepakat Dukung Repatriasi Rohingya

Presiden Jokowi dan ASEAN Sepakat Dukung Repatriasi Rohingya

Share This

Presiden Joko Widodo dan para pemimpin ASEAN mengatakan proses repatriasi sebaiknya dilakukan secara sukarela, aman, dan bermartabat bagi para pengungsi minoritas Muslim Rohingya di Rakhine State.  Mereka juga bersepakat berkontribusi mendukung upaya repatriasi ini.
Jokowi mengatakan, Indonesia menaruh perhatian besar bagi upaya pemulihan situasi dan keamanan di negara bagian Rakhine State, Myanmar. Jokowi berharap situasi di Rakhine State mengalami kemajuan.
“Saya yakin kita semua mengharapkan agar situasi di Rakhine State dapat segera kembali normal,” kata Jokowi kepada para pemimpin negara-negara ASEAN saat menghadiri sesi pleno KTT ke-35 ASEAN, yang digelar di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).
Dalam rilisnya, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, Jokowi menawarkan saran dan pandangan bagi penyelesaian isu kawasan ASEAN.
Presiden Jokowi menyarankan dialog berlanjut dengan para perwakilan pengungsi Rohingya, yang saat ini ada di Cox’s Bazaar, Bangladesh.
“Karena dengan dialog dan komunikasi maka akan muncul trust. Dan trust ini akan sangat besar artinya bagi persiapan repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat,” kata Retno menyoali para pengungsi Rohingya.
Menlu juga mengatakan Indonesia mendukung usulan untuk mendirikan satuan tugas ad-hoc di Sekretariat ASEAN, yang fokus memantau pelaksanaan rekomendasi tim Preliminary Needs Assessment.
Jokowi juga mengatakan siap berkontribusi agar tim ini segera terbentuk dan bekerja.
Tentunya, Pemerintah Indonesia juga berharap implementasi dari proyek yang telah disepakati oleh ASEAN dan Myanmar, yang telah dibahas pada pertemuan kedua grup kerja teknis atau 2nd Technical Working Group.




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages