Ma’ruf Amin Ungkap 3 Tantangan Besar Umat Islam Masa Kini - Mading Indonesia

Post Top Ad

Ma’ruf Amin Ungkap 3 Tantangan Besar Umat Islam Masa Kini

Ma’ruf Amin Ungkap 3 Tantangan Besar Umat Islam Masa Kini

Share This

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan tiga tantangan besar umat Islam saat ini, mulai dari meningkatkan kualitas SDM, menghilangkan kemiskinan dan ketimpangan dan imunisasi umat dari penyebarluasan radikalisme dengan menggunakan simbol-simbol agama.
Ma’ruf menilai, umat Islam, sebagai mayoritas umat beragama di Indonesia, memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam menanggulangi radikalisme dan memerangi terorisme.
“Keberhasilan memerangi radikalisme akan sangat ditentukan oleh keberhasilan umat Islam dalam memerangi cara berpikir radikal, intoleran dalam kalangan umat Islam itu sendiri,” katanya.
Untuk mengoptimalkan peran umat Islam dalam menanggulangi terorisme, Wapres menilai peran organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan menjadi penting untuk dilibatkan.
Oleh karena itu, Wapres berharap ICMI, dengan jaringannya yang tersebar hingga ke luar negeri, dapat memberikan kontribusi dalam upaya memerangi radikalisme, intoleransi dan terorisme di Indonesia.
“Saya memandang ICMI memiliki peran yang sangat besar dalam upaya memerangi radikalisme tersebut. Saya mengharapkan agar ICMI dapat bersama-sama dengan Pemerintah terus menyampaikan pesan-pesan positif dalam berbagai kesempatan,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Ma’ruf juga memaparkan prioritas utama pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin menuju Indonesia Maju. Hal itu bisa dicapai melalui berbagai langkah mulai dari pembangunan SDM unggul, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi, dan trasnformasi birokrasi.
Selain itu, mengenai potensi ekonomi umat, dijelaskan Ma’ruf, kekuatan umat bisa menghilangkan kemiskinan.
“Saya berpandangan bahwa kemiskinan dan ketimpangan itu harus dihilangkan melalui kekuatan umat sendiri. Untuk itu sangat penting untuk terus mendorong pelibatan seluruh umat dalam kegiatan ekonomi,” ucapnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages