MUI: Tak Pernah Terbitkan Fatwa Pelarangan Selamat Natal - Mading Indonesia

Post Top Ad

MUI: Tak Pernah Terbitkan Fatwa Pelarangan Selamat Natal

MUI: Tak Pernah Terbitkan Fatwa Pelarangan Selamat Natal

Share This

Jakarta –  Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat tidak melarang umat Islam untuk mengucapkan selamat Natal. Pernyataan ini berbeda dengan pendapat MUI Jawa Timur yang melarang umat Islam, kecuali Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, untuk mengucap selamat natal.
Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Saadi mengatakan pihaknya tidak melarang dan tidak pula menganjurkan ucapan selamat Natal. Sebab MUI belum pernah membuat fatwa khusus untuk hal tersebut.
“MUI Pusat sendiri belum pernah mengeluarkan ketetapan fatwa tentang hukumnya memberikan tahniah atau ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani yang merayakannya. Sehingga MUI mengembalikan masalah ini kepada umat Islam untuk mengikuti pendapat ulama yang sudah ada sesuai dengan keyakinannya,” kata Zainut lewat keterangan tertulis, Senin (23/12).
Zainut menyampaikan ada perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait ucapan selamat natal. Meski begitu, MUI menghargai perbedaan pendapat para ulama tersebut.
Dia menjelaskan sebagian ulama mengharamkan ucapan selamat Natal dengan alasan hal itu merupakan keyakinan agamanya. Sementara sebagian lagi membolehkan karena berpendapat hal itu bukan bagian dari keyakinan, hanya bentuk penghormatan terhadap sesama.
Terlepas dari perbedaan pendapat itu, Zainut mengatakan pihaknya berharap masyarakat dapat bijaksana. MUI tak ingin masyarakat terbelah hanya karena beda pendapat soal ucapan Natal.
“MUI mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk arif dan bijaksana dalam menyikapi perbedaan pendapat tersebut dan tidak menjadikan polemik yang justru dapat mengganggu kerukunan dan harmoni hubungan intern maupun antarumat beragama,” tutur dia.
Wakil Menteri Agama itu juga berpesan agar masyarakat terus menjaga persaudaraan keislaman atau ukhuwah islamiyah, persaudaraan kemanusiaan atau ukhuwah basyariyah, dan persaudaraan kebangsaan atau ukhuwah wathanniyyah.
“Demi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis, rukun, dan damai,” tambahnya.
Sebelumnya, MUI Jawa Timur meminta umat Muslim tidak mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani. Namun, imbauan tersebut tak berlaku untuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin.
Sekretaris MUI Jatim, Mochammad Yunus menyebut pengucapan selamat Natal atau selamat hari besar agama lain, bisa merusak akidah Islam. Namun hal itu tak berlaku bagi Ma’ruf karena pemimpin semua kalangan.
“Jadi mengenai ucapan Natal karena ini masuk wilayah akidah, ketika kita mengucapkan selamat kepada peringatan itu. Ini berpotensi merusak akidah kita,” ujar Yunus di Surabaya, Jumat (20/12).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages