Penghapusan UN untuk Ciptakan Suasana Bahagia di Sekolah - Mading Indonesia

Post Top Ad

Penghapusan UN untuk Ciptakan Suasana Bahagia di Sekolah

Penghapusan UN untuk Ciptakan Suasana Bahagia di Sekolah

Share This

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membahagiakan di sekolah.
Salah satu kebijakannya adalah menghapus sitem Ujian Nasional mulai 2021 mendatang. Nadiem menyebut, UN tahun 2020 akan menjadi UN erakhir.
“Penyelenggaraan UN tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter,” ujar Nadiem.
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana mengatakan, hal itu merupakan salah satu pertimbangan dihapusnya ujian nasional yang tercantum dalam program Merdeka Belajar.
“Pak Nadiem atau kami dari Kemendikbud ingin menciptakan suasana belajar di sekolah yang happy,” kata Erlangga dalam diskusi bertajuk “Merdeka Belajar Merdeka UN” di kawasan Menteng, Sabtu (14/12/2019).
“Makanya tag-nya adalah Merdeka Belajar bahwa pendidikan itu harus menciptakan suasana yang membahagiakan,” imbuhnya.
Erlangga mengakui, selama ini UN telah menjadi momok bagi murid sekolah. Akibatnya, tidak sedikit murid hingga orangtua murid yang stres saat menghadapi UN.
Dia menambahkan, Kemendikbud juga kerap menerima keluhan terkait suasana belajar yang dinilai tidak menyenangkan karena para murid tertekan untuk mendapat skor tinggi.
“Akhirnya yang berjamuran kan lembaga-lembaga bimbingan belajar. Lalu kemudian siapa yang paling untung? Tentu bukan siswanya tapi berbagai macam pihak yang memang bisa melihat ada potensi ini,” kata Erlangga.






No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages