Fraksi PAN Dukung Wacana Pembentukan Pansus Banjir - Mading Indonesia

Post Top Ad

Fraksi PAN Dukung Wacana Pembentukan Pansus Banjir

Fraksi PAN Dukung Wacana Pembentukan Pansus Banjir

Share This

JAKARTA – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Zita Anjani mendukung penuh wacana pembentukan panitia khusus (pansus) banjir yang diinisiasi sejumlah anggota DPRD. Menurut dia, dukungan ini juga sebagai bentuk dorongan agar penanganan banjir pada masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa semakin baik.
“Saya support. Kita setuju, bukannya untuk menjatuhkan siapa-siapa, kita ingin mendukung Pak Anies harus sukses salah satunya ini (penanganan) banjir harus sukses di masa Pak Anies,” ucap Zita di lantai 9, Gedung DPRD DKI, Kamis (9/1/2020).
Dengan adanya pansus, lanjut dia, DPRD DKI juga turut memberikan solusi untuk penanggulangan banjir. Selain itu, anggaran penanggulangan banjir juga terealisasi dengan baik pada tahun 2021.
“Supaya ketahuan solusi konkretnya apa, untuk kita bisa menganggarkan dengan jelas di 2021, jangan mengulang lagi anggaran untuk solusi banjir malah enggak ada. Salah kita juga di DPRD,” jelasnya.
Zita menargetkan pembahasan mengenai pansus ini akan mulai dilakukan secara intens pada minggu depan. “Mungkin kalau sudah mulai rapat-rapat intens, minggu depan kita mulai rapat,” tambah putri Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ini.
Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta mewacanakan membentuk panitia khusus untuk menyelidiki banjir besar yang menerjang Jakarta beberapa waktu lalu hingga menggenangi sebagian wilayah ibu kota. Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco mengatakan penyebab banjir dan dampaknya terhadap warga Jakarta perlu ditelusuri lantaran membawa kerugian yang besar untuk warga.
“Bencana kali ini dampaknya lebih luas sehingga karena DPRD adalah wakil rakyat dan DPRD harus bicara untuk rakyat, maka kita bersepakat sepertinya akan mengajukan kepada pimpinan supaya kita membentuk suatu tim panitia khusus (pansus) untuk mencari mengenai fakta dan data serta apa penyebab utama terjadinya banjir,” ucap Basri, di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (7/1/2020).
Selain Basri, saat itu hadir ketua fraksi lainnya di antaranya Ketua Fraksi PAN Lukmanul Hakim, Ketua Fraksi Gerindra Rani Mauliani, Ketua Fraksi PSI Idris Ahmad, Ketua Fraksi Demokrat Desie Christhyana, Ketua Fraksi Nasdem Wibi Andrino, dan Anggota fraksi PSI Anggara Wicitra, Anthony Winza, Anggota Fraksi PDI-P Wa Ode Herlina, dan Anggota Fraksi PAN Farazandi.
Mereka mengiyakan bahwa tim pansus untuk banjir ini memang perlu dibentuk. Namun, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Mohammad Taufik sebelumnya menegaskan, pihaknya akan menolak usulan pembentukan pansus banjir. Taufik menuturkan, sebaiknya anggota DPRD DKI turut mencari solusi banjir dan tak perlu mempermasalahkan atau mencari cari kesalahan atas banjir beberapa waktu lalu.
“Ya saya menolak. Karena argumennya ngga tepat, buat gaya-gayaan apa gimana? Jangan menari di atas kesulitan rakyat. Cariin solusinya bukan pansus,” ucap Taufik. *

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages