Presiden Jokowi Terjun Langsung Memastikan Penanggulangan Bencana - Mading Indonesia

Post Top Ad

Presiden Jokowi Terjun Langsung Memastikan Penanggulangan Bencana

Presiden Jokowi Terjun Langsung Memastikan Penanggulangan Bencana

Share This
Pemerintahan Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan jajarannya untuk menangani secara menyeluruh di semua wilayah bencana agar tidak turut memperdalam tingkat kemiskinan.

Presiden Jokowi memastikan semua korban bencana alam mendapat penanganan yang baik. Selain itu, Presiden juga menginginkan infrastruktur serta rumah para korban yang mengalami kerusakan akibat bencana alam segera diperbaiki.

Untuk itu Presiden selalu terjun langsung untuk memastikan semuanya berjalan dengan semestinya.

Setidaknya ada tujuh capaian pemerintah terkait penanggulangan bencana yang terekam selama ‘Capaian 3 Tahun Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla.

Pertama, terbentuknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di 34 provinsi dan 479 kabupaten/ kota. Kedua, fasilitasi penyusunan kajian dan peta risiko di 111 kabupaten/ kota.

Ketiga adalah tersusunnya rencana kontigensi pada 11 lokasi dan uji lapangan. Keempat adalah fasilitasi pembentukan desa tangguh bencana pada 208 desa. Kelima, penguatan sumber daya penanggulangan bencana di daerah melalui bantuan logistik dan peralatan 34 provinsi.

Kemudian yang keenam, pembentukan dan pemberian bantuan peralatan pusat pengendalian dan operasi di 104 lokasi, yakni 22 BPBD provinsi dan 82 kabupaten/kota. Terakhir yang ketujuh yakni instalasi sistem peringatan dini multiancaman bencana di 30 kabupaten/ kota.

Indeks risiko bencana Indonesia (IRBI) pada 2016 mencapai 146,9, terus melanjutkan penurunan dibandingkan dua tahun sebelumnya yang secara berurutan mencapai 156,3 dan 151,6. Adapun, indeks risiko bencana di 136 kabupaten/kota pada tahun lalu sebesar 159,2.

Ketika Aceh dilanda gempa beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menginstruksikan percepatan pencairan bantuan untuk korban gempa. Terutama pencairan bantuan perbaikan rumah rusak akibat gempa berkekuatan 6,5 SR itu. Bahlan Presiden juga memberikan bantuan keuangan dan memerintahkan percepatan penyaluran logistik dan bahan pangan.

Begitu pun perhatian pemerintah saat bencana longsor dan banjir di Gunung Kidul, Pacitan, Wonogiri. Presiden Jokowi memastikan korban bencana alam mendapat penanganan yang baik, infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat bencana alam segera diperbaiki, memastikan bahwa pelayanan dasar dan kesehatan sudah dapat diberikan secara baik serta menginginkan kegiatan belajar-mengajar anak-anak sekolah tidak terganggu dan memerintahkan sekolah yang rusak segera dibangun.

Dalam menangani bencana gempa bumi di Lombok, Presiden Jokowi telah menandatangani Instruksi Presiden tentang penanggulangan dampak bencana Lombok dan memperingatkan agar dana bantuan sampai ke tangan korban gempa bumi tanpa potongan apapun.

Dengan adanya bantuan dari pemerintah, masyarakat dapat segera memperbaiki tempat tinggalnya kembali serta menghidupkan dan menggerakkan kegiatan ekonomi setempat.





Sumber

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages