Energi Baru Diberikan Presiden Jokowi, Aktivitas Ekonomi Di Kota Palu Mulai Jalan - Mading Indonesia

Post Top Ad

Energi Baru Diberikan Presiden Jokowi, Aktivitas Ekonomi Di Kota Palu Mulai Jalan

Energi Baru Diberikan Presiden Jokowi, Aktivitas Ekonomi Di Kota Palu Mulai Jalan

Share This

Perekonomian di Kota Palu berangsur membaik dengan adanya aktivitas perdagangan pasca 6 hari bencana dimana harga-harga masih normal seperti sebelum bencana terjadi.
Kembali membaiknya perekonomian masyarakat di Palu tidak terlepas dari arahan Presiden Jokowi yang mengajak masyarakat Palu menghidupkan kegiatan ekonomi di pasar dan pertokoan.
“Saya mengimbau warga pelaku usaha. Apabila memungkinkan untuk untuk buka dan berkegiatan kembali,” kata Jokowi saat berkunjung di Petobo, Palu Selatan.
Seorang pria 47 tahun berkeliling menjajakan nasi kuning di jalanan Kota Palu. Berbekal bekas botol sirup dan sendok, dia menawarkan dagangannya kepada warga Palu lainnya.
“Saya jualannya dengan perasaan masih trauma karena gempa. Tapi alhamdulillah, baru keluar dan tak jauh dari rumah di Jalan Elang, jualan nasi kuning saya sudah habis,” kata Subagio.
Andi, seorang pedagang telur ayam, juga sudah menjajakan jualannya di emperan toko di Jalan Garuda. Berbekal mobil pick up dan meja untuk menyusun tumpukan telur ayam dari Sigi, Andi menjual telur ayam seharga Rp 50.000 per rak.
“Selain jual per rak, kami jual telur juga secara eceran. Dan kalau diecer hanya seharga seribu lebih,” kata Andi.
Salah satu pedagang, Ahmad, yang kembali membuka lapaknya pasar Inpres Manonda, Jalan Kunduri, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) setelah melihat kondisi masyarakat perlahan mulai aman dan kondusif.
“Alhamdulillah, saya rasa sudah mulai baik ini kota. Orang-orang jugakan kasihan, kadang ada yang mau belanja untuk dapurnya, untuk persiapan di tenda-tenda atau tempat pengungsian. Makanya kami mulai buka lagi,” tutur Ahmad saat berbincang di lapakannya, Kamis (4/10).
Pedagang lainnya, Samsul, 47, mengatakan, dirinya sudah kembali berjualan sejak dua hari lalu. Ia mengaku tak terlalu cemas terkait kondisi dan gempa-gempa susulan yang dikabarkan akan terjadi.
“Sudah biasa kami kalau gempa-gempa kecil. Tapi karena kami rasa kemarin itu sudah mulai baik setelah tsunami, kami jualan saja kembali,” tambah pedagang ikan kering ini.
Kunjungan Presiden Jokowi telah membangkitkan ekonomi Palu dan memberikan energi bagi masyarakat untuk segera bangkit dari keadaan yang menimpa.



sumber : http://kasakusuk.co/energi-baru-diberikan-presiden-jokowi-aktivitas-ekonomi-di-kota-palu-mulai-jalan/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages