Pencapaian Program Tax Amnesty Era Jokowi Tertinggi di Dunia - Mading Indonesia

Post Top Ad

Pencapaian Program Tax Amnesty Era Jokowi Tertinggi di Dunia

Pencapaian Program Tax Amnesty Era Jokowi Tertinggi di Dunia

Share This

JAKARTA – Pemerintahan Jokowi-JK sukses menerapkan program pengampunan pajak (tax amnesty). Program yang berlangsung selama smebilan bulan ini mencapai nilai tertinggi di dunia dengan pengungkapan harta Rp4.884,2 triliun.
“Pemerintah mengucapkan terima kasih atas kesadaran masyarakat ikut program tax amnesty yang mencerminkan rasa keadilan bagi seluruh rakyat,” kata Jokowi saat menyampaikan Nota Keuangan dan RAPBN 2018 di Gedung MPR/DPR, Jakarta.
Sampai dengan akhir pelaksanaannya 31 Maret 2017, kata Jokowi, tax amnesty berhasil diikuti 973,4 ribu wajib pajak. Total penerimaan pajak dari uang tebusan mencapai Rp 115,9 triliun. “Berdasarkan pengungkapan harta, program tax amnesty Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia dengan hasil capaian Rp 4.884,2 triliun,” jelasnya.
Terdiri dari deklarasi harta di dalam negeri Rp 3.700,8 triliun, deklarasi harta luar negeri Rp 1.036,7 triliun, dan repatriasi aset mencapai Rp 146,7 triliun.
“Selanjutnya sadar pajak ini harus diikuti dengan kewajiban membayar pajak dengan baik pada masa mendatang. Kesadaran warga negara dalam membayar pajak akan menjadikan negara RI menjadi kuat dan sejahtera,” ujar Jokowi.
Hal senada dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Indonesia menjadi negara tertinggi dalam pencapaian Tax Amnesty atau Pengampunan Pajak. Dampaknya banyak negara ingin melihat cara Indonesia.
Menkeu mengatakan, dari sisi nilai harta deklarasi, Tax Amnesty mencapai 34,4 persen dari GDP. “Itu angka tertinggi dari negara-negara yang melaksanakan Tax Amnesty yang biasanya kurang dari 10 persen dalam deklarasinya,” ujarnya saat ditemui di JIExpo, Jakarta.
Dilihat dari uang tebusan, lanjutnya, Tax Amnesty RI mencapai 0,88 persen dari GDP. Inipun masih tertinggi dari dua kompetitor terdekat yakni Chile dan India yang hanya 0,6 persen.
Menkeu menambahkan pencapaian peserta Tax Amnesty yang mencapai 682.000 pendaftar belum memuaskan. “Kalau dilihat WP yang terdaftar mencapai 32,8 juta. Sekarang yang terdaftar wajib SPT mendekati 29,3 juta. Dan dari angka itu hanya 12,6 juta yang melapor SPTnya. Maka 682.000 itu sangat kecil dibanding mereka yang sudah wajib SPT namun belum menyerahkan. Tax amnesty dari sisi peserta masih bisa ditingkatkan,” tutur Menkeu.
 Sumber : http://stopfitnah.com/pencapaian-program-tax-amnesty-era-jokowi-tertinggi-di-dunia/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages