ndonesia Tempati Urutan Kedua Penghasil Listrik Energi Panas Bumi Dunia - Mading Indonesia

Post Top Ad

ndonesia Tempati Urutan Kedua Penghasil Listrik Energi Panas Bumi Dunia

ndonesia Tempati Urutan Kedua Penghasil Listrik Energi Panas Bumi Dunia

Share This

Jakarta – Pemanfaatan panas bumi di Indonesia yang diperkirakan mencapai sekitar 28,5 Giga Watt electrical (GWe), terdiri dari resources 11.073 MW dan reserves 17.453 MW. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya panas bumi terbesar di dunia.

Berdasarkan data terbaru dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM tercatat sumber daya panas bumi yang termanfaatkan telah mencapai 1.948,5 MW yang terdiri dari 13 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) pada 11 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP).

Pada kuartal I tahun 2018, Kementerian ESDM mencatat, pasokan listrik dari energy panas bumi bertambah 116 MW sehingga total pasokan listrik dari panas bumi mencapai 1.924,5 MW. Angka tersebut bertambah cukup besar jika dibandingkan dengan akhir 2017 yang tercatat 1.808 MW. Indonesia pun menempati urutan kedua negara terbesar penghasil listrik dari panas bumi menggeser Filipina yang sebelumnya menempati posisi tersebut dengan kapasitas listrik dari panas bumi sebesar 1.870 MW. Kapasitas terpasang PLTP panas bumi pada 2018 ditargetkan meningkat 2.058,5 MW

Pencapaian ini merupakan salah satu wujud realisasi dari program 35.000 MW yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Ke depan, pengembangan industri panas bumi diharapkan juga mencapai wilayah timur Indonesia serta pemanfaatannya tidak hanya sebagai pembangkit, namun dapat dimanfaatkan secara langsung untuk industri pertanian antara lain untuk pengeringan hasil pertanian, sterilisasi media tanaman, dan budi daya tanaman tertentu, selain sebagai destinasi wisata yang sudah dilakukan saat ini.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages