Tim Prabowo Keliru Terkait Rencana Pembentukan Kementerian Bencana - Mading Indonesia

Post Top Ad

Tim Prabowo Keliru Terkait Rencana Pembentukan Kementerian Bencana

Tim Prabowo Keliru Terkait Rencana Pembentukan Kementerian Bencana

Share This

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily beranggapan, rencana capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk membuat kementerian khusus bencana tidak tepat.
Ia menjelaskan, berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, pemerintah sudah memiliki badan khusus penanganan bencana di Indonesia.
“Tim Prabowo-Sandi tidak membaca UU, ya? Kita sudah memiliki UU 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Dalam UU tersebut secara tegas disebutkan tentang adanya suatu badan khusus yang menangani bencana, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang berada langsung di bawah Presiden,” kata Ace dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/12019).
Ace menambahkan, selama ini BNPB selalu berkoordinasi dengan Basarnas, Kementerian Sosial, TNI, Polri, BMKG, pemerintah daerah dalam hal ini BPBD, dan para relawan kebencanaan dalam penanganan bencana.
Ace menilai BNPB sudah mampu bekerja dengan baik terhadap penanganan bencana, terlihat dari bencana yang terjadi di Nusa Tenggara Barat, Palu, dan tsunami di Banten dan Lampung.
“BNPB telah mampu bekerja dengan sigap, cepat, tanggap, dan responsif,” ujarnya.
Komitmen itu kata dia, juga ditunjukkan dengan anggaran BNPB yang memiliki anggaran khusus sebesar Rp 619 miliar tahun 2019 dan dana siap pakai (on call) sebesar Rp 6,5 triliun yang dipergunakan jika terjadi bencana.
Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut, jika terpilih pada Pilpres 2019, tak menutup kemungkinan Prabowo-Sandi akan membentuk kementerian terkait kebencanaan.
Dahnil mengatakan, alasan membentuk kementerian khusus tersebut karena ia menilai pemerintah lamban dalam menangani bencana alam di Indonesia.
Sumber : https://bidikdata.com/tim-prabowo-keliru-terkait-rencana-pembentukan-kementerian-bencana.html

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages