Tol Laut Turunkan Biaya Pengiriman Barang dari Muna Ke Makassar - Mading Indonesia

Post Top Ad

Tol Laut Turunkan Biaya Pengiriman Barang dari Muna Ke Makassar

Tol Laut Turunkan Biaya Pengiriman Barang dari Muna Ke Makassar

Share This

Kehadiran tol laut yang di programkan Pemerinbtahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla semakin dirasakan oleh masyarakat, khusunya para petani dalam mengirim hasil pertanian.
Kapal tol laut yang sudah mulai difungsikan, Jumat (22/3/2019), dengan rute Muna-Selayar-Makassar dapat ditempuh selama kurang lebih 18 jam. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi para petani karena dari sisi harga tentu akan sangat jauh lebih murah.
“Dengan tol laut ini, tentu petani akan semakin terbantu, biayanya juga lebih murah,” kata Wakil Bupati Muna, Malik Ditu
Malik mengatakan, dengan adanya tol laut tersebut maka akan mempermudah akses transportasi bagi petani. Pengiriman hasil pertanian dari Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini bisa memakai kapal tol laut.
Malik berharap, OPD agar merancang potensi yang bisa dibawa keluar daerah. Misalnya, gembol, rumput laut dan hasil pertanian lainnya.
“Jangan hanya jagung, tapi yang lain juga. Buat perencanaanya lalu presentasekan,” kata dia saat melepas pengapalan perdana melalui Pelabuhan Nusantara. Sebanyak 3 kontainer jagung yang berasal dari Kecamatan Kabangka dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan.
Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Muna Anwar Agigi mengatakan jika petani mulai bergairah menanam jagung kuning. Pasanya, nilai jual per kilo sangat tingg, apalagi, sudah didukung transportasi tol laut untuk mengoptimalkan pemasaran. “Nilainya semakin tinggi, sehingga bisa menyejahterakan petani,” katanya.
Sementara itu, pengusaha jagung kuning binaan DTHP, La Ode Umar mengaku ia telah merintis bisnisnya sejak 2015, namun saat itu ia terkendala pada biaya pengiriman yang mencapai Rp 14,8 juta untuk satu kontainer.
Ia juga mengakui bahwa dengan tol laut itu dirinya bisa menegeluarkan baiaya yang lebih murah. “Saya bisa lebih irit karena untuk kirim ke Makassar hanya mengeluarkan Rp 6 juta untuk satu kontainer, jadi harga beli saya ke petani juga bisa saya naikkan, saya sesuaikan dengan ongkos kirim,” ujarnya.
Apa yang dirasakan La Ode Umar bukti bahwa kehadiran tol laut yang dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi-JK telah memberikan manfaat nyata kepada petani dan pengusaha dari segi ekonomis.
Hal tersebut menunjukkan program tol laut sangat tepat untuk mengurangi biaya transportasi dan mensejahterahkan petani karena pemangkasan biaya transportasi bisa menaikkan harga komoditi di tingkat petani.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages