PLN Percepat Elektrifikasi Listrik 100% Desa di Aceh - Mading Indonesia

Post Top Ad

PLN Percepat Elektrifikasi Listrik 100% Desa di Aceh

PLN Percepat Elektrifikasi Listrik 100% Desa di Aceh

Share This


Target 100% Desa Berlistrik yang pada awalnya akan tercapai di 2020, berhasil dipercepat menjadi Oktober 2019.
Hingga Agustus 2019, PLN telah berhasil melistriki sebanyak 6.495 desa di Provinsi Aceh, saat ini tersisa dua desa yang masih belum bisa menikmati listrik dari PLN.
Menyambut kemerdekaan RI ke 74, PLN terus mempercepat pembangunan listrik desa di wilayah Aceh.
General Manager PLN Wilayah Aceh Jefri Rosiadi mengemukakan bahwa percepatan elektrifikasi desa ini sebagai upaya PLN dalam meningkatkan geliat ekonomi masyarakat desa.
“Dengan desa berlistrik, kehidupan masyarakat desa tentu semakin baik, geliat ekonomi pedesaan semakin membaik, dan percepatan program 100% Desa Berlistrik ini juga akan menjadi bukti bahwa PLN sebagai BUMN benar-benar hadir untuk negeri,” kata Jefri, kemarin.
Sebelumnya, pada Juni 2019 kemarin, PLN berhasil meresmikan listrik masuk ke Desa Sikundo, sehingga sisa desa yang belum dilistriki saat ini adalah Desa Tampur Boor di wilayah Aceh Timur serta Desa Suka Makmur di Aceh Singkil. Adapun jumlah Kepala Keluarga (KK) dari kedua desa tersebut adalah 60 rumah.
Lebih lanjut, Jefri menjelaskan tentang kendala yang dialami dalam membangun Desa Berlistrik di Aceh terutama adalah soal akses jalan untuk mengangkut peralatan dan material listrik.
“Jadi sampai sekarang kendala utama kita dalam mewujudkan 100% Desa Berlistrik adalah akses jalannya, belum ada infrastruktur jalan yang memadai untuk membawa material jaringan listrik ke desa-desa, sehingga kita harus menggunakan kendaraan roda dua, gerobak bahkan diangkut dengan perahu motor ada juga yang menggunakan kerbau untuk menarik gerobak guna mengangkut material jaringan tersebut,” tambah Jefri.
Akses ke pelosok memang kerap menjadi permasalahan utama dalam melistriki desa terpencil, namun di Aceh hal tersebut telah berhasil diatasi dengan baik. “Alhamdulillah di Aceh ini PLN telah berhasil mengatasi kendala akses tersebut, terbukti hingga 17 Agustus 2019 alhamdulillah rasio desa berlistrik sudah mencapai 99,97%, atau tinggal dua desa yang masih tersisa, PLN optimis dapat segera 100% di Oktober 2019,” jelas Jefri.
PLN terus berupaya penuh mewujudkan 100% Desa Berlistrik, demi geliat roda ekonomi terus berkembang tidak hanya di perkotaan namun juga di daerah pedesaan, juga sebagai bentuk nyata BUMN hadir untuk negeri, hingga ke pelosok.





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages