Polri Kerja Sama Dengan KPAI Terkait Unsur Pidana Aksi Pelajar STM - Mading Indonesia

Post Top Ad

Polri Kerja Sama Dengan KPAI Terkait Unsur Pidana Aksi Pelajar STM

Polri Kerja Sama Dengan KPAI Terkait Unsur Pidana Aksi Pelajar STM

Share This

JAKARTA – Polri tengah menelusuri akun-akun media sosial (medsos) yang menyebarkan ajakan berdemo bagi pelajar STM. Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya berkolaborasi menelusuri akun-akun medsos tersebut.
“Ya, tentunya nanti dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim dan Direktorart Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan mem-profiling akun-akun menyebarkan konten yang bersifat ajakan kepada sekolah dan siswa untuk melakukan demo ke Jakarta,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/9/2019).
Secara bersamaan, Dedi menyampaikan adanya koordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait masalah ini. Dedi menyebut publik saat ini perlu memahami bagaimana bertindak di era digital.
“Kalau ada unsur pidana, kami akan bekerja sama dengan KPAI. Penting juga literasi digital yang dilakukan oleh jajaran multimedia kepada masyarakat. Kami minta juga KPAI memberikan literasi digital ke masyarakat dan sekolah juga aktif memberikan edukasi ke siswanya,” ujar Dedi.
Sebelumnya diberitakan KPAI menyayangkan adanya pelibatan anak dalam aksi yang berujung ricuh di DPR. KPAI meminta polisi mengejar penyebar undangan agar para pelajar ikut melakukan aksi ke DPR.
“Dalam hal ini tentu KPAI prihatin dan mengecam adanya pelibatan anak-anak dalam konteks yang usianya masih anak. KPAI tidak bosan-bosan mengingatkan tempat anak bukan di jalanan, di kerumunan, di situasi yang bahaya bagi anak, dalam konteks demonstrasi,” kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).
KPAI menyebut awalnya ajakan agar para pelajar yang terdiri atas siswa SMK, SMA, hingga SMP mengikuti aksi tersebut tersebar di media sosial. Ajakan tersebut berbentuk poster-poster seruan aksi untuk pelajar STM. Ada pula foto-video yang menunjukkan anak sekolah tersebut bergerak dengan menaiki truk, bus TransJakarta, hingga KRL.
Dari temuan KPAI di lapangan, faktanya anak-anak itu terlibat dalam aksi tersebut karena ajakan dari media sosial. Selain itu, anak-anak tersebut tidak memahami makna demonstrasi dan apa yang diperjuangkan. Karena itu, KPAI meminta polisi dan Kominfo mengusut penyebar informasi tersebut. *

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages