Presiden Jokowi Tinjau Lokasi dan Penanganan Karhutla di Riau - Mading Indonesia

Post Top Ad

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi dan Penanganan Karhutla di Riau

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi dan Penanganan Karhutla di Riau

Share This

Presiden Joko Widodo meninjau langsung upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Pekanbaru, Provinsi Riau pada Selasa (17/9/2019).
Presiden melakukan peninjauan di lapangan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab kebakaran itu, apa yang sudah dilakukan, serta hambatan apa yang ada di lapangan.
Menko bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dalam jumpa pers, Senin (16/9) mengatakan bahwa Presiden terjun langsung ke lapangan guna memutuskan upaya yang harus dilakukan dalam mencegah karhutla lebih besar dan meluas.
Ia menjelaskan Presiden dalam rapat terbatas mengatakan pencegahan karhutla lebih penting dibanding memadamkannya. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk memadamkan Karhutla lebih besar ketimbang upaya pencegahan.
Presiden juga memberikan penekanan bahwa tanggung jawab daerah ini harus diutamakan karena yang punya wilayah adalah pemda, yang punya tanggung jawab adalah pemda. Oleh karena itu jangan hanya tergantung kepada pusat untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan ini peran kepala daerah provinsi, kabupaten, kota harus betul-betul tahu masalah ini, betul-betul yakin apa yang harus dilakukan dan betul-betul jamin bahwa wilayahnya tidak akan terjadi Karhutla,” kata Wiranto.
Selain itu Presiden Jokowi juga meminta agar setiap memasuki musim kemarau pihak aparat dan pemerintah di daerah bersiap mencegah Karhutla.





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages