Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Sampel Tes Corona Secara Masif - Mading Indonesia

Post Top Ad

Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Sampel Tes Corona Secara Masif

Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Sampel Tes Corona Secara Masif

Share This




Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada pemerintah daerah terus meningkatkan tes Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) untuk masyarakat. Hal tersebut betujuan untuk memutus mata rantai virus Corona.

"Saya sampaikan kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan sampel tes secara masif dan melakukan pelacakan yang agresif serta diikuti isolasi yang ketat," kata Jokowi dalam siaran telekonference di Istana Bogor, Sabtu (18/4/2020).


Dia juga meminta satuan gugus tugas di tingkat kecamatan, kelurahan, RW, hingga RT dipererat sesuai tugas dan kewenangannya. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga meminta jika ada warga di sekitar lingkungan memiliki gejala agar segera dibantu.

"Jika ada warganya yang bergejala terinfeksi virus Corona dan juga bila ada yang membutuhkan uluran tangan harus segera dibantu," imbau Jokowi.

Jokowi menjelaskan hal tersebut bertujuan agar penanganan dan terkoordinasi dengan baik. Dia menegaskan pemerintah tidak bisa bekerja sendirian.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Tidak bisa. Peran serta seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting," ungkap Jokowi.




Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta agar masyarakat tetap bekeria sama. Dan dia yakin Indonesia bisa melewati pandemi ini.

"Saya amat percaya jika kita mampu melalui kesulitan ini bersama, kita justru akan menjadi bangsa yang semakin kuat dan siap menyongsong masa depan yang lebih sejahtera," tegas Jokowi.

Sebelumnya, belum ada yang bisa memprediksi secara pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Namun presiden Jokowi meyakini, wabah Covid-19 akan berakhir setidaknya sampai akhir tahun ini.

"Saya meyakini, saya meyakini ini hanya sampai pada akhir tahun," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Kamis, 16 April 2020.

Menurut Jokowi, banyak sektor industri yang terimbas wabah corona ini. Salah satu yang paling terasa yaitu industri pariwisata. Dia pun meyakini, industi pariwisata yang kini melesu akibat pandemi Corona akan berkembang pesat. Pasalnya, masyarakat selama masa pandemi beraktivitas di dalam rumah akan pergi berwisata setelah Corona selesai.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages