Ini penyebab kasus virus corona di Petamburan melonjak - Mading Indonesia

Post Top Ad

Ini penyebab kasus virus corona di Petamburan melonjak

Ini penyebab kasus virus corona di Petamburan melonjak

Share This

 


JAKARTA. Kelurahan Petamburan Jakarta Pusat menjadi wilayah kelurahan dengan jumlah kasus positif virus corona alias Covid-19 terbanyak di DKI Jakarta dengan total 34 orang hingga Rabu (15/4). 

Angka tersebut meningkat 25 orang dibandingkan sehari sebelumnya yang berjumlah sembilan orang positif. 

Data terbaru mengenai kasus virus corona di Jakarta dan peta sebarannya bisa dilihat melalui situs Jakarta Tanggap Covid-19. 

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Jakarta Pusat Irwandi mengatakan bahwa pihaknya belum mengonfirmasi kepada puskesmas setempat apakah tambahan angka di kelurahan tersebut benar terkonfirmasi positif atau ada yang baru masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP). 

“Nanti saya belum klarifikasi ke puskemas dulu nih. Itu positif atau baru DPO kan gitu,” ujar Irwandi ketika di konfirmasi Kompas.com, Kamis (16/4). 

Menurut dia, angka kasus virus corona memang selalu berubah setiap harinya. Untuk memastikan adanya penambahan data kasus positif juga harus menunggu hasil pemeriksaan pasien dalam pengawasan (PDP). 

“Iya dari puskesmas, terutama dari sudin kesehatan, Itu kan puskesmasnya mereka ke data. Kalau misalnya positif kan itu prosedurnya dari RT RW langsung lapor ke puskesmas,” ungkapnya. 

Kendati demikian, Irwandi menjelaskan bahwa bahwa penambahan kasus postif, khususnya di wilayah Jakarta Pusat masih terus terjadi karena masih banyak warga yang berkumpul dan belum mematuhi aturan menjaga jarak fisik. 

“Iya mereka itu kan tidak melakukan physical distancing. Kami sudah muter nih Babinsa dan Binmas, suruh bubar enggak boleh ada kerumunan. Eh mereka ngumpul lagi,” jelas dia kepada Kompas.com, Kamis (16/4). 

Menurut Irwandi, hal tersebut masih terjadi di lingkungan yang penduduknya padat, termasuk wilayah Petamburan di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Alhasil, banyak yang tetap berkumpul di sekitar rumah bersama keluarga dan para tetangga sekitar. 

"Akhirnya kan ngumpul-ngumpul. Anak anak kumpul ada orang tuanya padahal anak-anak ini kan bisa jadi carrier kan, dia badannya kuat, yang orang tua kan rentan,” ungkapnya. 

Adapun jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona di DKI Jakarta mencapai 2.447 orang hingga Rabu ini. Dari total pasien positif virus corona di Ibu Kota, sebanyak 164 orang dinyatakan sembuh, sementara 246 pasien lainnya meninggal dunia. (Tria Sutrisna)

Sumber: https://regional.kontan.co.id/news/ini-penyebab-kasus-virus-corona-di-petambura-melonjak?page=all


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages