Jayapura (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua mengharapkan masyarakat di Bumi Cenderawasih dapat berpartisipasi menyukseskan penyelenggaraan ajang olahraga lima tahunan tersebut dengan turut menjaga kondisi keamanan di wilayah setempat.

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda mengatakan keamanan penyelenggaraan PON XX pada 2021 merupakan tanggung jawab bersama.

"Keamanan PON bukan saja tanggung jawab TNI dan Polri, namun merupakan tanggung jawab bersama masyarakat yang ada di Provinsi Papua," kata Yunus di Jayapura, Sabtu. 

Menurut dia, kondisi Papua hingga kini terpantau aman dan kondusif sehingga pihaknya pun yakin masyarakat di Bumi Cenderawasih siap menjadi tuan rumah yang baik.

"Kami di Papua sudah siap menyambut duta-duta olahraga nasional dari seluruh provinsi se-Indonesia," ujar Yunus.

Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh masyarakat menyukseskan PON Papua, terlebih pihaknya sudah bekerja keras untuk menyambut semua tamu yang akan datang ke Papua. Tuan rumah yang baik, menurutnya, tidak akan mengecewakan tamu.

"Dalam menyukseskan PON di Papua, pihak keamanan sudah pasti akan membantu panitia, tapi saya yakin, semua masyarakat di Papua bisa ikut menyukseskan PON ini dengan baik tanpa adanya gangguan keamanan," tutur Yunus.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah PON XX Papua Suwarno mengatakan pihaknya mengharapkan agar PB PON, melalui bidang keamanan, dapat memaparkan kondisi keamanan kepada seluruh peserta, termasuk KONI, sehingga kesiapan sebagai tuan rumah tidak akan diragukan. 

"Keamanan Papua sekarang aman terkendali, tetapi perlu dijelaskan secara rinci oleh pihak keamanan," pungkas Suwarno.

Maka dari itu, pihaknya pun meminta kepada seluruh masyarakat Papua untuk sama-sama menyukseskan penyelenggaraan PON di Papua.