Kapolri Minta Semua Pihak Waspadai Politik Identitas Jelang Pemilu 2024 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Kapolri Minta Semua Pihak Waspadai Politik Identitas Jelang Pemilu 2024

Kapolri Minta Semua Pihak Waspadai Politik Identitas Jelang Pemilu 2024

Share This

 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai politik identitas menjelang Pemilu 2024. Ia mengkhawatirkan hal tersebut bisa memicu terjadinya perpecahan. Hal tersebut disampaikan saat bersilaturahmi dengan kiai di Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

"Indonesia sudah masuk tahun politik. Jadi, saya tentunya harus dalam posisi selalu mengingatkan bahwa di tahun 2019, tanpa kita sadari politik identitas terjadi, sehingga menyebabkan perpecahan. Tentunya di 2024 (Pemilu 2024) ini kita jaga masyarakat agar tidak terpengaruh, terpecah karena adanya politik identitas," kata Sigit di Kediri, Jawa Timur, Sabtu 6 Agustus 2022.

Kapolri mengatakan perpecahan atau polarisasi akibat politik identitas pada 2019 terjadi di mana-mana. Bahkan, sampai saat ini suasana tersebut masih ada.

"Bagaimana masyarakat kita yang terkenal toleran, gotong royongnya bagus saat ini berubah. Misalnya, memilih Presiden, berbeda dengan tetangga yang tadinya setiap hari bersapa saat ini mungkin tidak mau," katanya.

Ia menambahkan mau tidak mau juga harus disadari bahwa Pemilu 2024 sudah tinggal selangkah lagi. Untuk itu, ia berharap tidak terjadi masalah di masyarakat.

"Saya tekankan dan tentunya saya punya iktikad tidak akan bisa maksimal selain dibantu ulama. 2024 kita jaga masyarakat agar tidak terpengaruh, terpecah karena adanya politik identitas," ujar dia.

Sigit berharap calon kepala negara nantinya turut serta mendamaikan masyarakat dengan adu program positif sehingga masyarakat melihat apa yang dikampanyekan tersebut cocok. Jika cocok pada figur tersebut, tentunya akan memilihnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh adanya beragam isu yang bisa memecah belah persatuan bangsa. Masyarakat juga harus cerdas dan tidak terpengaruh berbagai macam informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan atau hoaks.

"Jangan sekali kita biarkan ada yang membuat terpecah belah, SARA, ujaran kebencian, hoaks. Itu tidak boleh terjadi lagi. Tugas kita mengingatkan. Jika ada yang masuk ke telepon seluler (hoaks), kita hapus," kata dia.

Ia optimistis jika negara terjaga dari beragam isu hoaks maka akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang cukup baik termasuk mampu menjaga inflasi.

"Kuncinya, mempertahankan pertumbuhan ekonomi itu perlu stabilitas keamanan, kerja keras masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Gus Kautsar, pengasuh PP Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri mengatakan kunjungan Kapolri adalah untuk silaturahmi.

Kapolri juga meminta bantuan ulama untuk ikut serta mengamankan situasi menjelang Pemilu 2024. "Kami dimintai bantuan untuk mengamankan situasi, ikut menyemangati. Yang paling prinsip kita amankan situasi persiapan tahun politik dengan menjaga keamanan. Prinsipnya, sangat percaya santri punya kemampuan ikut mengamankan tahun-tahun politik," kata Gus Kautsar.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengunjungi dua pesantren di Kediri, yakni Pondok Pesantren Al Falah Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri serta PP Lirboyo, Kota Kediri.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages