Indonesia - Jepang Rayakan 60 Tahun Hubungan Bilateral - Mading Indonesia

Post Top Ad

Indonesia - Jepang Rayakan 60 Tahun Hubungan Bilateral

Indonesia - Jepang Rayakan 60 Tahun Hubungan Bilateral

Share This
Dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan bilateral pemerintah Indonesia dan Jepang , rangkaian acara dengan tema "Menuju Mas Depan Bersama: Kerja Bersama, Maju Bersama" diluncurkan tadi malam, Minggu (17/12/2017).

"Kita berharap acara peringatan 60 tahun ini tidak hanya kegiatan, tapi juga memiliki substansi yang banyak," kata Direktur Jenderal Kerja Sama Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya sebagaimana dikutip dari ANTARA news, Minggu.

Desra menyebutkan, hubungan bilateral Indonesia dan Jepang telah berlangsung dengan baik selama 60 tahun terakhir. Hubungan ini makin meningkat sejak penandatanganan Kemitraan Strategis pada 28 November 2008.

Sementara, hubungan diplomatik kedua negara ini dimulai pada 20 Januari 1958 dengan penandatanganan kesepakatan pampasan perang dari pemerintah Jepang kepada Indonesia.

"Peringatan 60 tahun menunjukkan hubungan yang sangat lama dan kaya, dan hubungan kedua negara telah berjalan dengan baik, dan kini Jepang merupakan mitra strategis Indonesia, terutama dalam bidang ekonomi," kata Desra.
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menambahkan, kerja sama persahabatan yang erat antara Indonesia dan Jepang juga didukung hubungan antarmasyarakat kedua negara di berbagai bidang.
Ishii mengatakan saat ini terdapat 1800 perusahaan Jepang di Indonesia yang menciptakan lapangan kerja bagi 5 juta orang Indonesia.

Dari sektor bisnis tersebut menciptakan interaksi dan ketertarikan kedua bangsa untuk mengenal lebih dalam.

"Hal itu bisa dilihat dari jumlah kunjungan orang Jepang ke Indonesia yang mencapai 500 ribu orang dan orang Indonesia ke Jepang mencapai 300 ribu orang," kata dia.

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan di beberapa kota di di Indonesia, yakni Jakarta pada 19 Januari 2018, Medan dan Surabaya pada 23 Januari, Bali pada 26 Januari, dan Makassar pada 11 Februari 2018.

Acara peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang juga akan diselenggarakan di beberapa kota di Jepang, antara lain di Tokyo, Osaka, Fukuoka, Nagoya, Hiroshima, dan Hokkaido.

Untuk itu, pemerintah Indonesia dan Jepang telah menunjuk Rahmat Gobel sebagai ketua pengarah panitia peringatan 60 tahun Jepang.

Berbagai acara yang akan diselenggarakan, antara lain pekan budaya, festival musik, seminar, dan simposium, di samping agenda tahunan yang telah rutin digelar kedua belah pihak, seperti Jakarta-Japan Matsuri di Jakarta dan Indonesia Festival di Tokyo.

Sumber: http://nasional.kompa
s.com/read/2017/12/18/07000051/indonesia-jepang-rayakan-60-tahun-hubungan-bilateral 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages