Contek Kampanye Donald Trump Buktikan Prabowo Pemimpin Tanpa Karakter Dan Tak Kreatif - Mading Indonesia

Post Top Ad

Contek Kampanye Donald Trump Buktikan Prabowo Pemimpin Tanpa Karakter Dan Tak Kreatif

Contek Kampanye Donald Trump Buktikan Prabowo Pemimpin Tanpa Karakter Dan Tak Kreatif

Share This
Contek Kampanye Donald Trump Buktikan Prabowo Pemimpin Tanpa Karakter Dan Tak Kreatif

Suatu tagline yang diucapkan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang membahas slogan kampanye Presiden AS Donald Trump saat berbicara di Rakernas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.
Prabowo bicara slogan khas Trump yang menurutnya bisa diadopsi bangsa Indonesia, namun pada kenyataannya tidak semua ‘American Style’ terlebih gaya kepemimpinan Donald Trump yang kontroversial dan selalu kontraproduktif dapat diterapkan di Indonesia yang memiliki filosofi dan ideolofgi tersendiri Pancasila.
Peneliti SMRC, Saidiman Ahmad menilai slogan dilontarkan Prabowo Subianto berpotensi bahaya. Pasalnya, bila disamakan slogan tersebut seperti diucap Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada kampanye 2016, maka hal itu bisa memicu isu rasial.
“Kalau di zaman Trump hampir semacam anti terhadap China. China mengancam Amerika, jadi harus bangkit kembali menjadi Amerika yang besar. Itu dilakukan oleh Trump dan berhasil meraih suara di sana, nilai Saidiman dalam sebuah diskusi di Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).
Kendati sejauh ini, Saidiman melanjutkan, apa yang dilontarkan Prabowo sebatas pembakar semangat patriotisme semata. Dia belum bisa menafsirkan lebih detil terkait maksud ujaran Ketum Gerindra ini yang kerap disamakan oleh Trump.
“Saya tidak tahu apakah Pak Prabowo ingin meniru Donald Trump, tapi kalau kita lihat di dalam kampanye ada kemiripan, membangkitkan rasa patriotisme, membangkitkan satu isu bahwa Indonesia akan bubar tahun 2030, dan bahasa-bahasa semacam itu yang dulu dipakai Trump,” jelas dia.
Saidiman memprediksi bila hal ini terus digemborkan dalam kampanye Prabowo, maka potensi ke arah berbahaya makin terbuka. Terlebih bila isu seperti tenaga kerja asing dari China, PKI, dan pencaplokan Indonesia oleh negara asing, terus dimainkan dan ditangkap publik secara keliru.
“Justru berbahaya kalau ini terus digemborkan, karena kita tahu kan kita hidup berdampingan, jadi sentimen rasial semacam itu bahaya. Jadi pada tingkat tertentu bila publik termakan isu itu akan berbahaya,” Saidiman memungkasi.
Sementara itu Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding menanggapi capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebutkan slogan Make Indonesia Great Again, mirip kampanye Donald Trump pada pemilu AS 2016. Menurutnya, Prabowo pemimpin yang tidak kreatif karena hanya bisa meng-copy paste.
“Ini sungguh tidak kreatif, copas dan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki karakter dan prinsip sendiri,” kata Karding di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).
Politisi PKB itu menyebut boleh saja belajar dari bangsa lain, tetapi tidak boleh latah dan ikut-ikutan. Karding menyebut, ada ketakutan kalau Prabowo malah juga mencontoh kebijakan Trump yang hobi bikin kontroversi.
“Kalau kita mencontoh gaya kampanye Trump, besok-besok kelakuan kita contoh, kebijakan-kebijakan akan dicontoh seperti yang kontroversial, kontraproduktif,” tutur Karding.
Sementara, program Nawacita capres petahana Joko Widodo atau Jokowi menurutnya dibangun dengan prinsip berkedaulatan di bidang politik.
“Artinya kita tidak akan diintervensi oleh bangsa manapun, tokoh manapun, siapa pun di luar bangsa indonesia, punya ciri khas sendiri, politik dan demokrasi adalah Pancasila, sistem presidensial dan ini yang menguatkan bangsa selama ini,” jelas Karding.
Karding mengatakan Jokowi telah melaksanakan banyak hal dan tinggal melanjutkannya. Seperti membangun infrastruktur, peningkatan daya saing ekonomi, juga penurunan tingkat kemiskinan. Bahkan dunia internasional pun memujinya.
“Jadi yang dibutuhkan hari ini bukan hanya slogan tapi kerja nyata, komitmen dahsyat, kuat bagaimana ini maju ke depan. Kalau sekadar slogan semua bisa, kalau isu besar kita juga bisa, tapi yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya karakter dan memiliki kerja nyata dan prestasi di berbagai bidang,” pungkas Karding.

Sumber : https://bidikdata.com/contek-kampanye-donald-trump-buktikan-prabowo-pemimpin-tanpa-karakter-dan-tak-kreatif.html

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages