Keberhasilan Pemerintahan Jokowi-JK Membangun dan Merevitalisasi 4.211 Pasar Rakyat Hingga Akhir 2018 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Keberhasilan Pemerintahan Jokowi-JK Membangun dan Merevitalisasi 4.211 Pasar Rakyat Hingga Akhir 2018

Keberhasilan Pemerintahan Jokowi-JK Membangun dan Merevitalisasi 4.211 Pasar Rakyat Hingga Akhir 2018

Share This
 
JAKARTA – Mendag RI, Enggartiasto Lukita menyampaikan bahwa Kemdag berhasil membangun atau merevitalisasi sarana distribusi perdagangan sebanyak 4.211 pasar sampai akhir 2018. Pemerintah mentargetkan revitalisasi 1.037 pasar pada 2019, sehingga diperkirakan dari 2015 hingga akhir 2019 akan terbangun 5.248 pasar.

“2019 merupakan tahun terakhir untuk mencapai target pembangunan atau revitalisasi 5.000 pasar. Kami optimistis target tersebut dapat kami penuhi,” kata Enggartiasto dalam konferensi pers awal 2019 di Kantor Kementrian Perdagangan, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Program revitalisasi 5.000 unit pasar rakyat adalah upaya Pemerintah untuk mengangkat citra dan merawat eksistensi pasar agar memiliki daya saing dan mampu bertahan dalam era persaingan bebas, sehingga kinerja pasar dapat berjalan optimal bagi perekonomian rakyat.

Selain sebagai penggerak perekonomian, pasar juga merupakan wahana interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah, sehingga pembangunan dan peremajaan pasar-pasar rakyat selalu mendapat perhatian lebih dari Pemerintah.

“Bagi pemerintah, pasar rakyat mempunyai peran dan fungsi ganda. Selain sebagai penggerak perekonomian, pasar juga merupakan wahana interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah. Oleh karena itu, pembangunan dan peremajaan pasar-pasar rakyat selalu mendapat perhatian lebih dari pemerintah,” jelas Enggar.

Perbaikan pasar terus dilakukan sebagai sarana distribusi perdagangan secara merata di berbagai wilayah di Indonesia yang hampir seluruhnya ialah pasar tradisional kecil. Bagi pemerintah, pasar rakyat berperan ganda yakni sebagai penggerak perekonomian dan wahana interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages