Mulus, Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131 Km Siap Beroperasi - Mading Indonesia

Post Top Ad

Mulus, Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131 Km Siap Beroperasi

Mulus, Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131 Km Siap Beroperasi

Share This

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan kegiatan uji laik fungsi (ULF) pada jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) berjalan lancar. Tol sepanjang 131 kilometer (Km) yang juga jadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, ini pun siap dioperasikan.
Senior Executive Vice President (SEVP) Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) Hutama Karya, Agung Fajarwanto mengatakan, telah dilaksanakannya proses uji laik fungsi yang dilakukan mulai dari seksi 2 (Minas–Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utama–Dumai). Adapun sebelumnya, seksi 1 (Pekanbaru–Minas) sepanjang 9,5 KM telah dibuka secara fungsional pada Mei.
“Jadi selama tiga hari kami bersama beberapa stakeholder melakukan rangkaian ULF mulai dari pembukaan, peninjauan ke lapangan, hingga pembahasan atas temuan catatan dari kegiatan ULF ini,” ungkap Fajar, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/6/2020).
Hutama Karya berharap pengoperasian JTTS ruas Pekanbaru–Dumai sepanjang 131 km bisa segera dioperasikan sesuai dengan arahan Kementerian PU.
"Kami telah melaksanakan ULF sebagai bagian dari tahapan operasional jalan tol,” pungkasnya.
Tol Permai terdiri dari 6 (enam seksi) yaitu:
- Seksi 1 Pekanbaru–Minas (9,5km)
- Seksi 2 Minas–Kandis Selatan (24,1km), Seksi 3 Kandis Selatan–Kandis Utara (16,9km)
- Seksi 4 Kandis Utara–Duri Selatan (26,5 km)
- Seksi 5 Duri Setalan–Duri Utara (29,54km)
- Seksi 6 (Duri Utara – Dumai (25,05km).
Tol ini dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), lima TIP arah Kota Pekanbaru dan lima TIP lainnya arah Kota Dumai. 10 TIP ini terbagi menjadi dua tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas–Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan–Kandis Utara) KM 45. Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) KM 64, Seksi 5 (Duri Selatan – Duri Utara) KM 82 dan Seksi 6 (Duri Utara – Dumai) KM 13.
Hingga saat ini, progres pembangunan TIP masih dalam tahap pembebasan lahan dan land clearing. Keseluruhan TIP ini ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional setelah tol permai mulai dioperasionalkan.
(fbn)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages