New Normal Cara Efektif Membangkitkan Ekonomi - Mading Indonesia

Post Top Ad

New Normal Cara Efektif Membangkitkan Ekonomi

New Normal Cara Efektif Membangkitkan Ekonomi

Share This

JAKARTA – New normal, sudah sepatutnya disambut oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena dampak dari pandemi covid-19 telah merubah kebiasaan masyarakat dalam bersosialisasi, menjalankan aktivitas bisnis, berdagang atau jual beli, semuanya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, hingga aktivitas perekonomian secara keseluruhan. Sebagai contoh, dulu jika melakukan jual beli harus bertatap muka maka sekarang ini jual beli terjadi secara online. Bahkan, perkembangan teknologi informasi membuat silaturahmi bisa dilakukan melalui telepon genggam atau gadget yaitu melalui video call. Selain itu, konsultasi kesehatan bisa melalui aplikasi yang disediakan oleh platform Kesehatan. Pemerintah menyiapkan skenario new normal untuk hidup berdampingan dengan pandemi virus Corona (COVID-19), bertujuan agar aktivitas bisnis bisa tetap berjalan sehingga laju perekonomian Indonesia terus bergerak.
Ukuran keberhasilannya (new normal) adalah masyarakat bisa beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga ekonomi bisa secara bertahap berjalan kembali. Sementara penyebaran wabah tetap bisa dikendalikan, atau dengan kata lain tidak terjadi ledakan korban lanjutan. Kita berharap bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan baik sehingga ada peluang untuk membuka kembali aktivitas ekonomi yang diikuti kedisiplinan, diyakini bisa jadi solusi dengan tetap memperhatikan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya ledakan penularan yang berulang.
New normal lebih baik jika dibandingkan dengan melakukan PSBB. Tentu dengan catatan masyarakat tetap disiplin terutama di daerah yang tingkat penularannya sudah dapat dikendalikan. Adapun cara maupun langkah yang dapat dilakukan untuk memulihkan ekonomi domestik dalam tatanan baru atau new normal, antara lain melakukan digitalisasi khususnya bagi sektor UMKM, membangun kekuatan ekonomi kreatif di masa new normal, membangun ekonomi dari daerah, termasuk melakukan inovasi-inovasi di berbagai sektor ekonomi dan sebagai pendukungnya membentuk Transit Oriented Development (TOD) di kota penyangga. TOD menjadi salah satu bentuk perencanaan kota yang terintegrasi dengan memaksimalkan akses ke transportasi umum dengan memperhatikan jarak dan waktu tempuh yang nyaman bagi masyarakat untuk melakukan aktifitas kerja dan lainnya.
Mencermati uraian diatas, rubrik mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa lebih baik menuju era new normal atau normal baru sesegera mungkin. Masyarakat juga diminta untuk patuh dan taat aturan kesehatan selama masuk kondisi new normal agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages