Indonesia Kelimpahan Relokasi Pabrik Dari China, Jepang Dan Korea - Mading Indonesia

Post Top Ad

Indonesia Kelimpahan Relokasi Pabrik Dari China, Jepang Dan Korea

Indonesia Kelimpahan Relokasi Pabrik Dari China, Jepang Dan Korea

Share This

JAKARTA – Pemerintah menyatakan bahwa akan ada potensi relokasi pabrik-pabrik dari China, Jepang dan Korea. Untuk China sendiri diperkirakan ada sebanyak 119 perusahaan. Sedangkan yang sudah pasti untuk saat ini ada 7 perusahaan. Selanjutnya pemerintah sendiri sudah menyiapkan lokasinya di kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah. Namun, sebanyak 7 pabrik itu belum dipastikan apakah seluruhnya relokasi ke kawasan industri Batang, atau tempat lainnya di Indonesia. Sebanyak 17 perusahaan yang berniat relokasi ke Indonesia dengan total investasi US$ 37 miliar, dengan serapan tenaga kerja 112.000 orang.
Salah satu perusahaan telah menyatakan komitmennya yaitu LG Chemical dengan nilai investasi 9,8 miliar US, potensi penyerapan kerja 14.000 orang. Pemerintah tak ingin peristiwa kegagalan Indonesia meraih limpahan relokasi pabrik dari China. Tahun lalu sebanyak 33 pabrik relokasi, tak satu pun yang masuk Indonesia. Presiden Jokowi telah memerintahkan dan secara kontinyu menyampaikan pesan kepada para menteri serta Kepala BKPM agar para investor tersebut dilayani dan diikuti perkembangannya. Disampaikan fasilitas apa yang ingin kita berikan. Baik urusan lahan urusan izin, urusan listrik, gas dan lain-lain yang ini akan memberikan sebuah daya saing negara Indonesia dalam rangka menarik mereka untuk mau merelokasi pabrik-pabrik ke Indonesia.
Berikut ini adalah daftar 7 perusahaan yang memastikan relokasi ke Indonesia, diantaranya PT Meiloon Technology Indonesia Relokasi pabrik dari Suzhou, China. Pabrik di Taiwan dan China merupakan pusat produksi untuk pasar global. PT Sagami Indonesia Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena biaya pabrik dan tenaga kerja di indonesia lebih kompetitif dari China. PT CDS Asia (Alpan) Relokasi pabrik dari Xiamen, China karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0% dibanding tarif 25% dari China ke Amerika. PT Kenda Rubber Indonesia Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia. Denso, PT Denso Indonesia Relokasi pabrik dari Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN. PT Panasonic Manufacturing Indonesia Relokasi dari China karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor bagi beberapa kategori produk home appliances. PT LG Electronics Indonesia Relokasi dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia. Demikian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages