Meski Kasus Covid-19 Turun, Tetap Waspada Varian Baru - Mading Indonesia

Post Top Ad

Meski Kasus Covid-19 Turun, Tetap Waspada Varian Baru

Meski Kasus Covid-19 Turun, Tetap Waspada Varian Baru

Share This


Kasus Covid-19 di Indonesia masih mengalami penambahan, meski tidak relatif tinggi, tercatat terdapat penambahan 523 kasus baru Covid-19. Sehingga total 4.244.358 kasus Covid-19 di Indonesia, kasus konfirmasi dihitung sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, belakangan ini varian baru Covid-19 yang dinamakan AY.4.2. disebut-sebut dapat berpotensi mengkhawatirkan jika tidak segera dicegah. Wiku mengungkapkan, varian ini bukanlah varian baru, masyarakat diminta tidak panik karena penelitian terkait varian ini masih berlangsung.

Akan tetapi varian ini bagian dari varian Delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan. Jenis varian A.Y dari mutasi Delta ini cukup beragam yaitu dari AY.1 hingga AY.28.

“Kita belum bisa mengetahui apakah berbagai jenis varian Delta ini memiliki karakteristik khusus yang dapat mempengaruhi laju penularan, keparahan gejala, maupun vaksinasi karena studi terkait hal tersebut masih berlangsung,” kata Wiku dalam keterangannya, Minggu (31/10).

Terkait hal tersebut, Pemerintah memaksimalkan pelaksanaan strategi yang sudah ditetapkan yaitu karantina perjalanan, 3M, 3T, dan vaksin, agar dapat mencegah masuknya semua jenis varian baru, sekaligus meminimalisir pembentukan mutasi baru di dalam negeri.

Pasien sembuh Covid-19 kini tercatat 497 pasien, sehingga total 4.088.635 pasien. Meski demikian, terdapat penambahan 17 pasien yang meninggal dunia, sehingga total pasien wafat akibat Covid-19 menjadi 143.405 orang.

Berdasarkan data sebaran wilayah, DKI Jakarta menempati penambahan tertinggi hingga 113 kasus. Kemudian disusul Jawa Barat 100 kasus, Jawa Timur 57 kasus, Jawa Tengah 54 kasus dan Banten 28 kasus.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages