Waspada! Varian Covid-19 Omicron B.1.1.529 Menular 500 Persen Lebih Cepat - Mading Indonesia

Post Top Ad

Waspada! Varian Covid-19 Omicron B.1.1.529 Menular 500 Persen Lebih Cepat

Waspada! Varian Covid-19 Omicron B.1.1.529 Menular 500 Persen Lebih Cepat

Share This

 


Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengungkapkan varian baru virus Corona Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron yang dari negara yang memiliki masalah imunitas seperti Afrika dapat menular 500 persen (lima kali lipat) dibandingkan varian Delta.

"Bicara soal klinis ini harus kita tunggu. Yang jelas potensi penularannya apabila varian delta itu 100 persen kecepatannya dibandingkan virus awal di Wuhan China.  Maka B.1.1.529 bisa lima kali lipatnya atau 500 persen," ujar Dicky Budiman, Sabtu (27/11/2021) ketika dikonfirmasi.

Ia menuturkan varian tersebut dapat berkembang di sebuah wilayah yang cakupan vaksinasi Covid-19 nya masih rendah dan masyarakat nya masih abai dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Ya kemudian yang harus diketahui di banyak negara, termasuk sejumlah kawasan di Indonesia ada dalam kondisi yang sama," kata Dicky Budiman.

Varian baru Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron dikatakannya berasal muncul dari Afrika karena kondisi secara hukum biologi tinggal menunggu varian super. Itu kata dia adalah keniscayaan yang terjadi dimana abainya masyarakat seperti menantang maut.

"Tinggal menunggu waktu, sudah dimana-mana. Semoga tidak meledak di kita, di perbatasan harus karantina 7 hari, PCR negatif harus dipastikan," pungkas Dicky Budiman.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Kementerian Kesehatan segera melakukan penelitian, mencari informasi dan data yang akurat tentang varian Corona B.1.1.529. 

Pemerintah juga didesak segera membatasi perjalanan terhadap Afrika Selatan maupun negara yang sudah terdeteksi varian virus tersebut.

"Saya pikir hal ini penting untuk dilakukan sebagai upaya tindakan pencegahan, mitigasi dan melindungi rakyat Indonesia dari varian virus baru Covid-19," kata Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (26/11/2021) kepada awak media di Komplek Parlemen Senayan Jakarta.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages