Masyarakat dan Pemuda TABI Tetap Konsisten Dukung Pemekaran DOB - Mading Indonesia

Post Top Ad

Masyarakat dan Pemuda TABI Tetap Konsisten Dukung Pemekaran DOB

Masyarakat dan Pemuda TABI Tetap Konsisten Dukung Pemekaran DOB

Share This

 

PORTAL PAPUA -   Ketua Pemuda Tabi Bersatu, Alberth Yohanes Manggo mengatakan, jika wacana Daerah Otonomi Baru atau DOB Provinsi Papua menjadi beberapa wilayah akan terus didorong hingga terwujud.

Karena pro kontra Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua terus terjadi hingga hari ini. Tak seperti beberapa wilayah adat La Pago yang menolak DOB, masyarakat di wilayah adat Tabi yang menjadi cikal bakal pusat pemerintahan di Tanah Papua (Papua dan Papua Barat) justru mendukung penuh pemekaran Provinsi Papua.


Hal ini didasari pada beberapa faktor, pertama soal kondisi geografis Papua yang sangat luas. Kemudian, angka pengangguran yang dinilai masih cukup banyak, kesejahteraan masyarakat yang juga belum merata, pendidikan dan kesehatan juga masih menjadi alasan.
Atas dasar tersebut, perjuangan pemekaran didorong oleh Asosiasi Bupati dan Walikota Seluruh Tanah Tabi dan para tokoh adat di wilayah adat Tabi sejak beberapa tahun lalu dan di era pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, pemekaran yang diperjuangkan sudah disetujui Presiden.

Pro kontra ini menjadi hal yang lumrah, namun perjuangan masyarakat adat di wilayah adat Tabi untuk memperjuangkan hak kesulungan atas wilayahnya sendiri tentu butuh perjuangan ekstra.

Perempuan TABI ikut  berpatisipasi.
Perempuan TABI ikut berpatisipasi. Portal Papua.

Nah, atas hal ini Pemuda Tabi Bersatu kemudian menginisiasi dilakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama para tokoh diwilayah adat Tabi, yang meliputi tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan, serta anggota MRP dan DPR Papua dari wilayah adat Tabi.

Hearing yang dilakukan untuk menyatukan persepsi ini digelar, di Aula Puspenka, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura Sabtu 19 Maret 2022 sore.


"Kami dari Pemuda Tabi akan berdiri didepan mengawal apa yang telah menjadi kesepakatan bersama Asosiasi Bupati dan Walikota se-Tanah Tabi untuk pemekaran. Kami akan mendorong terus ini hingga pemekaran terwujud," kata Alberth dengan tegas.

Dirinya menyebut, kebijakan pemerintah atas pemekaran adalah solusi terbaik untuk mengentaskan berbagai persoalan yang terjadi. Mulai kesejahteraan, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, serta sektor lain yang terjadi ketimpangan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages